BolaSkor.com - Bermain di turnamen sebesar Piala Eropa atau Piala Dunia merupakan mimpi bagi pesepak bola eropa, khususnya bagi yang masih muda. Bagi mereka yang sudah senior atau berpengalaman, bermain di dalamnya tetap menjadi suatu kebanggaan.

Sayang, pada perhelatan Piala Eropa 2020 yang akan berlangsung pada 12 Juni mendatang tidak semua pemain top di Eropa dapat berpatisipasi di dalamnya. Mereka tidak dipanggil oleh pelatih timnas masing-masing karena alasan tertentu.

Berikut BolaSkor.com menjabarkan susunan pemain terbaik atau top di Eropa yang tidak akan berpatisipasi di Piala Eropa 2020 dari kiper, lini belakang, hingga depan. Siapa saja?

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Prancis dan Inggris Punya Modal Apik Jelang Piala Eropa

Barisan Lagu Resmi Piala Eropa dari 1992 hingga 2020

7 Pemain yang Bisa Pensiun Usai Piala Eropa 2020

1. Marc-Andre ter Stegen - Kiper

Absennya Marc-Andre ter Stegen cukup mengejutkan di Piala Eropa 2020. Kiper Barcelona absen karena harus naik meja operasi. Usianya kini 29 tahun dan masih ada kans baginya bermain untuk timnas dan jadi suksesor Manuel Neuer.

Neuer (35 tahun) memang masih menjadi pilihan utama kiper timnas Jerman, tetapi sejauh ini Ter Stegen adalah pelapis terbaiknya di Jerman dan bisa jadi penerusnya. Dua kiper lain yang dibawa Low adalah Bernd Leno dan Kevin Trapp.

2. Virgil van Dijk - Bek Tengah

Pada akhirnya bek Liverpool Virgil van Dijk tak bisa pulih tepat waktu untuk Piala Eropa 2020. Jikalau pun pulih kondisinya tidak akan fit 100 persen. Frank de Boer tak punya pilihan lain selain mencoret namanya.

Tak ayal Belanda mengandalkan Matthijs de Ligt, Nathan Ake, dan Stefan de Vrij untuk mengawal jantung pertahanan Belanda tanpa pemain berusia 29 tahun itu.

3. Sergio Ramos - Bek Tengah

Keputusan yang dibuat Luis Enrique dengan mencoret nama bek berusia 35 tahun, Sergio Ramos dari Spanyol sangat mengejutkan. Bagaimana tidak, Ramos kapten Spanyol dan ia sedianya dapat pulih tepat waktu (beda dengan Van Dijk).

Dengan alasan kebugaran Enrique tak membawa Ramos yang tidak banyak main musim lalu dengan Real Madrid dan banyak cedera. Alhasil tidak akan ada pengemas 180 caps dan 23 gol untuk Spanyol di Piala Eropa 2020.

4. Theo Hernandez - Bek Kiri

Pertarungan di posisi bek kiri timnas Prancis sangatlah ketat. Didier Deschamps masih mengandalkan Lucas Hernandez yang jadi andalan kala mereka juara Piala Dunia 2018, pelapisnya adalah Lucas Digne di area tersebut.

Tak ayal saudara Lucas yang tampil bagus di AC Milan, Theo Hernandez tidak masuk skuad, begitu juga Ferland Mendy. Bedanya, Mendy cedera dengan Real Madrid sementara Theo kalah bersaing.

5. Trent Alexander-Arnold - Bek Kanan

Cedera menghapus impian bek kanan Liverpool, Trent Alexander-Arnold bermain di Piala Eropa 2020 dengan timnas Inggris. Ini disayangkan sebab Alexander-Arnold performanya membaik di klub pada paruh kedua musim.

Dengan kemampuannya melepaskan umpan silang dan mengeksekusi bola mati Alexander-Arnold salah satu yang terbaik di Inggris. Tapi usianya masih 22 tahun dan masih banyak ajang lain yang dapat diikutinya. Pada posisinya ada Reece James di timnas Inggris.

6. Sandro Tonali - Gelandang Tengah

Tidak cedera dan fit tapi Roberto Mancini memilih tak memasukkannya di skuad Italia. Bisa dimaklumi mengingat padatnya persaingan di lini tengah Italia, belum lagi dengan usia Sandro Tonali yang baru berumur 21 tahun.

Masih banyak ruang baginya berkembang dengan AC Milan. Pada posisi tengah Mancini lebih memilih pemain berpengalaman seperti Jorginho, Marco Verratti, dan Nicolo Barella.

7. Houssem Aouar - Gelandang Tengah

Seperti halnya Italia, timnas Prancis juga memiliki persaingan padat di lini tengah. Pemain-pemain seperti Houssem Aouar, Eduardo Camavinga, Steven Nzonzi, dan Tanguy Ndombele tak dipanggil Didier Deschamps.

Nama yang disebut pertama tak masuk meski punya kreativitas bermain, sebab Prancis lebih mengandalkan gelandang dengan karakteristik fisik kuat seperti Corentin Tolisso, N'Golo Kante, Adrien Rabiot, dan Moussa Sissoko.

8. Jesse Lingard - Gelandang Serang

Bisa jadi winger atau gelandang serang. Jesse Lingard salah satu andalan Southgate di Piala Dunia 2018 dengan kemampuannya melakukan pressing, bergerak cepat melakukan akselerasi, dan merepotkan pertahanan lawan.

Performa Lingard sejak bermain di West Ham United juga membaik. Sayang, Southgate memilih untuk mencoret namanya karena persaingan ketat. Di posisinya sudah ada Mason Mount, Phil Foden, dan Jadon Sancho.

9. Julian Draxler - Winger

Jerman selalu punya 'jimat' dari pemain-pemain yang tampil biasa di level klub, tetapi bagus dengan timnas. Selain Lukas Podolski ada juga Julian Draxler. Podolski telah pensiun tapi Draxler (27 tahun) masih aktif bermain di PSG.

Akan tapi pada perhelatan Piala Eropa kali ini Low tak menyertakan nama eks pemain Schalke itu dalam skuad Jerman. Pengemas 56 caps dan tujuh gol itu digantikan dengan pemain muda seperti Jamal Musiala dan Florian Neuhaus.

10. Zlatan Ibrahimovic - Striker

Comeback Zlatan Ibrahimovic ke timnas Swedia pada usia 39 tahun sempat menghiasi pemberitaan media Eropa, terutamanya karena performanya bangkit dengan AC Milan. Tetapi cedera menerjangnya dan Ibra tidak fit bermain di Piala Eropa.

Alhasil Swedia tanpa pengemas 118 caps dan 62 gol untuk timnas itu. Di lini depan mereka akan mengandalkan Marcus Berg dengan Alexander Isak, Robin Quaison, dan Jordan Larsson.

11. Marco Asensio - Winger

Lengkap sudah tidak ada pemain Madrid dalam skuad Spanyol pada edisi Piala Eropa terkini. Enrique juga tak membawa pengemas 26 caps dan satu gol berusia 25 tahun, Marco Asensio dalam skuadnya karena inkonsistensi bermain.

Enrique lebih memiliki Ferran Torres, Adama Traore, Mikel Oyarzabal, Pablo Sarabia, dan Dani Olmo untuk menempati posisi bermain Asensio.