Bolaskor.com - Atlet renang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa, akan memulai perlombaan SEA Games 2019 di Clark Aquatic Centre, Filipina, Rabu (4/12). Selain punya target untuk meraih emas, Siman juga bertekad untuk memecahkan rekor pada kelas 50 meter gaya punggung.

"Memang benar, saya menargetkan emas sekaligus pertajam rekor SEA Games," kata Siman Sudartawa.

Namun, Siman berpendapat bahwa banyaknya atlet muda dari negara pesaing seperti Vietnam, Singapura, dan tuan rumah Filipina membuat target ini tidak mudah untuk diraih.

"Perenang dari Singapura dan Vietnam memang sudah menjadi rival abadi. Soal perenang Filipina, saya belum tahu kekuatannya seperti apa, arena banyak perenang naturalisasi," ujar Siman menambahkan.

Baca Juga:

SEA Games 2019: Pencak Silat Sumbang Emas Lewat Puspa Arum Sari

SEA Games 2019: Hujan Deras Paksa Tiga Cabor Dibatalkan

Atlet asal Bali ini sebelumnya pernah memecahkan rekor SEA Games dengan catatan waktu 25,20 detik dan memperoleh medali emas di nomor 50 meter punggung pada SEA Games 2017 lalu.

Rekor itu berhasil menggeser raihan rekor yang sebelumnya dicetak oleh Zheng Wen Quah, atlet asal Singapura yang mencatatkan waktu 25,27 di SEA Games 2015.

Di ajang SEA Games 2019 ini, Siman akan tampil di nomor 50 meter dan 100 meter gaya punggung, nomor 4x100 meter gaya bebas, dan 4x100 meter estafet.

Selain Siman, atlet renang yang akan tampil di SEA Games adalah Triady Fauzi Sidiq di nomor 200 meter gaya ganti, Farrel Armandio Tangkas di nomor 200 meter gaya punggung, dan Gagarin Nathaniel Yus di 100 meter gaya punggung.

Penulis: Shyanne Gunawan