Tak Lupa Pendidikan, 7 Pemain Bergelar Sarjana

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 10 Desember 2019
Tak Lupa Pendidikan, 7 Pemain Bergelar Sarjana
Giorgio Chiellini (Twitter)

BolaSkor.com - Pesepakbola profesional tidak selalu melupakan dunia pendidikan. Banyak pemain sepak bola dunia yang sukses di bidang akademis. Namun, tidak sedikit juga yang meninggalkan bangku sekolah untuk menjadi pemain sepak bola profesional, seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Demi menjadi pemain hebat, Ronaldo dan Messi meninggalkan bangku sekolah sejak usia 14 tahun dan mengasah kemampuannya untuk mewujudkan mimpinya.

Keputusan kedua pemain tersebut tidak salah, terbukti sekarang keduanya sama-sama disebut 'alien' karena berstatus pemain terbaik dunia. Messi sudah meraih enam Ballon d'Or, sementara Ronaldo telah memiliki lima Ballon d'Or.

Baca Juga:

Cetak Hat-trick Kontra Mallorca, Lionel Messi Lampaui Rekor Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo Curhat Menyesal Tinggalkan Real Madrid

Menangi Ballon d'Or Keenam atas Ronaldo, Messi Ingin Nikmati Bermain di Penghujung Karier

BolaSkor.com mencoba merangkum beberapa pesepak bola profesional yang berhasil menyelesaikan pendidikannya hingga mendapatkan gelar sarjana bahkan master. Dikutip dari berbagai sumber, berikut penjabaran lengkapnya:

1. Juan Mata

Juan Mata, Pemain Bergelar Sarjana
Juan Mata

Juan Mata tidak hanya cerdas di lapangan, tetapi juga cerdik dalam akademik. Gelandang Manchester United itu berhasil mendapat dua gelar akademis yaitu sarjana ilmu olahraga dan keuangan.

Pemain berusia 31 tahun tersebut menyelesaikan dua gelar tersebut di Universitas yang sama yaitu di Univesidad Camilo Jose Cela, Madrid. Sempat mengambil bidang Jurnalisme di Universitas yang sama, namun Mata urung menyelesaikannya.

Tidak hanya memiliki gelar akademis, Mata juga telah meraih sejumlah titel prestisius seperti Liga Champions, Liga Europa (dua kali), Piala Dunia 2010, dan Piala Eropa 2012.

2. Vincent Kompany

Vincent Kompany
Vincent Kompany

Pemain berkebangsaan Belgia ini menyelesaikan studinya di tengah kesibukannya sebagai pesepakbola profesional. Mantan kapten Manchester City ini lulus dari Manchester Business School dengan gelar Master of Business Administration pada tahun 2017.

Apabila sewaktu-waktu Kompany akan memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola, pemain itu bisa saja menjadi pengusaha dengan ilmu yang diperolehnya pada saat kuliah. Saat ini, pemain berusia 33 tahun bermain di kampung halamannya dengan Anderlecht.

3. Andres Iniesta

Andres Iniesta
Andres Iniesta

Pemain Vissel Kobe ini adalah salah satu gelandang terbaik di dunia. Di luar prestasinya sebagai pesepak bola, Iniesta merupakan seorang sarjana ilmu Aktivitas Fisik dan Olahraga.

Pemain berusia 33 tahun ini juga masih memiliki cita-cita untuk melanjutkan pendidikannya di bidang perkebunan untuk meneruskan usaha perkebunan anggur milik keluarganya. Rencana ini akan dilakukan legenda Barcelona guna mempersiapkan diri apabila pensiun dari dunia sepak bola.

Breaking News Trivia Sepak Bola Juan Mata Giorgio Chiellini Romelu lukaku Robert Lewandowski
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan