BolaSkor.com - Liverpool membuka pekan 14 Premier League 2020-2021 melawan Crystal Palace di Selhurst Park, Sabtu (19/12) dengan apik dan skor mencolok. The Reds menang dengan skor 7-0 dan menjadi kemenangan terbesar kedua kontra Palace setelah pada 1989 menang 9-0.

Roberto Firmino (44' 68') dan Mohamed Salah (81' 84') membukukan brace alias dua gol, lalu masing-masing gol dicetak Takumi Minamino (3'), Sadio Mane (35'), dan Jordan Henderson (52'). Liverpool memantapkan posisi di puncak klasemen dengan raihan 31 poin dari 14 laga.

Gol pertama yang dicetak Takumi Minamino sangat penting untuk meningkatkan mentalitas bermain Liverpool di laga itu, apalagi tercipta cepat hingga memengaruhi rencana bermain Roy Hodgson di Crystal Palace.

Baca Juga:

Jadwal Boxing Day yang Bersahabat untuk Liverpool

Crystal Palace 0-7 Liverpool: The Reds Pesta Gol, Jurgen Klopp Lewati Rafa Benitez

Turun dari Bangku Cadangan, Mo Salah Bukukan Rekor Kontra Palace

Gol Takumi Minamino ke gawang Crystal Palace

Selain itu gol pemain berusia 25 tahun juga mencatatkan namanya di dalam sejarah sepak bola Premier League. Minamino jadi pemain ketujuh dari Jepang yang menorehkan gol di Premier League. Itu gol pertama Minamino di liga setelah datang dari RB Salzburg pada Januari 2020.

Fans Liverpool jelas berharap itu baru awalan dari gol dan performa bagus Minamino. Produk akademi Cerezo Osaka bukan satu-satunya pemain dari Jepang yang tampil bagus di Premier Leaue - bahkan mencetak gol.

Premier League juga menjadi liga yang dihuni banyak pemain-pemain dari Asia, terutamanya Jepang dan Korea Selatan, namun tidak banyak yang mencetak gol di liga terbaik dunia itu. Selain Minamino masih ada enam nama lainnya dari Jepang yang mencetak gol di liga, siapa saja?

1. Junichi Inamoto

Junichi Inamoto

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini sudah malang melintang berkarier di Eropa pada medio akhir 90-an dan 2000-an. Bahkan saat ini Junichi Inamoto masih berkarier pada usia 41 tahun bersama klub Jepang SC Sagamihara.

Inamoto berkarier di Inggris bersama Arsenal, Fulham, dan West Bromwich Albion. Gol pertamanya di Premier League tercipta kala ia masih membela Fulham. Selepas berkarier di Inggris Inamoto sempat bermain di Galatasaray, Eintracht Frankfurt, dan Stade Rennes.

2. Hidetoshi Nakata

Hidetoshi Nakata

Fans lawas sepak bola Eropa, khususnya Serie A dan AS Roma mengenal nama yang satu ini. Hidetoshi Nakata adalah bintang dari Jepang yang terkenal di Eropa dan memenangi Scudetto pada 2001 dengan Roma.

Karier Nakata berakhir dini karena fokusnya pada dunia fashion. Satu-satunya klub Inggris yang pernah dibela Nakata adalah Bolton Wanderers pada medio 2005-2006. Dia mencetak gol di Premier League kala Bolton menang 2-0 atas West Brom.

3. Shinji Kagawa

Shinji Kagawa

Tidak asing bagi fans Manchester United. Eks pemain Borussia Dortmund bermain di Premier League bareng MU pada periode 2012-2014. Gol pertamanya di Premier League hadir di Old Trafford kala melawan Fulham pada Agustus 2012.

Kagawa cukup beruntung memenangi titel Premier League bersama Sir Alex Ferguson pada 2013 sebelum sang manajer pensiun. Terakhir terlihat membela Real Zaragoza pada 2020 dan pemain berusia 31 tahun tak memiliki klub saat ini.

4. Maya Yoshida

Maya Yoshida

Kapten timnas Jepang dan mantan kapten Southampton. Maya Yoshida (32 tahun) saat ini memperkuat tim arahan Claudio Ranieri, Sampdoria. Yoshida bermain di Inggris selama delapan tahun bersama The Saints - julukan Southampton.

Gol Premier League pertama Yoshida tercipta pada Februari 2014 ketika Southampton kalah 1-3 dari West Ham United. Yoshida bek berpengalaman yang dapat bermain sebagai bek tengah dan bek kiri.

5. Shinji Okazaki

Masi aktif bermain saat ini pada usia 34 tahun dan memperkuat klub Spanyol Huesca. Shinji Okazaki bermain dengan Leicester City pada 2015 hingga 2019 dan berduet dengan Jamie Vardy di lini depan.

Okazaki ada dalam skuad juara Premier League Leicester pada 2016 di bawah asuhan Ranieri. Gol Premier League pertamanya tercipta kala Leicester menang 2-1 kontra West Ham pada Desember 2015.

6. Yoshinori Muto

Yoshinori Muto

Masih berstatus sebagai pemain Newcastle United saat ini, tetapi Yoshinori Muto menjalani status pinjaman di Eibar. Muto (28 tahun) gabung Newcastle pada 2018 dari Mainz. Gol pertama Muto tercipta ketika Newcastle kalah 2-3 dari Manchester United.

Produk akademi FC Tokyo berposisi sebagai penyerang dengan jumlah 29 caps bersama timnas Jepang dan telah menorehkan tiga gol.