BolaSkor.com - Karier Takumi Minamino di Liverpool hanya bertahan selama dua tahun. Pemain timnas Jepang itu berganti klub dan pindah ke Prancis untuk bergabung dengan AS Monaco.

The Reds menerima 15 juta euro plus tiga juta euro dari penjualan pemain berusia 27 tahun tersebut. Kabar itu telah dikonfirmasi laman resmi Liverpool.

"Liverpool FC dapat mengonfirmasi bahwa Takumi Minamino hari ini telah menyelesaikan transfer permanen ke AS Monaco," tutur pernyataan di situs resmi Liverpool.

"Minamino meninggalkan Anfield ke Ligue 1 setelah membuat total 55 penampilan selama dua setengah tahun sebagai Reds, mencetak 14 gol dan memberikan tiga assists."

Baca Juga:

Moneyball Liverpool, Rekrut Bek Kanan untuk Saingi Trent Alexander-Arnold

Cahaya Asia Itu Tak Akan Menyinari Liverpool Lagi

Darwin Nunez dan Rekam Jejak Bomber Uruguay di Premier League

Minamino direkrut Liverpool dari RB Salzburg pada 2020 dan pada 2021 sempat dipinjamkan ke Southampton. Ketatnya persaingan di lini depan Liverpool menyulitkannya untuk bermain reguler.

Minamino mengikuti jejak Sadio Mane dan Divock Origi yang pergi meninggalkan Liverpool. Dalam kurun waktu dua tahun di Liverpool, Minamino memenangi titel Premier League, Piala FA, dan Piala Liga.

Akan tapi produk akademi Cerezo Osaka itu dinilai sebagai rekrutan flop atau pemain gagal Liverpool. Pasalnya Minamino tak banyak bermain, hanya menjadi pelapis, dan kesulitan tampil reguler.

Jurgen Klopp pun langsung merespons tudingan itu dan tidak terima dengan anggapan Minamino pemain gagal di Liverpool. Klopp melihat Minamino sebagai profesional sejati juga pribadi yang baik.

"Saya tidak menerima itu (Minamino disebut rekrutan gagal Liverpool). Saya yakin akan ada orang yang berpikir itu (transfer Minamino) tidak berhasil. Mereka yang menganggap ini salah. Saya tidak menerima itu," tegas Klopp dikutip dari Mirror.

"Seorang profesional yang luar biasa; super, pemain berbakat. Sebagai pribadi, dia penuh kehangatan dan membuat semua orang merasa positif. Impian seorang manajer, jujur saja."

"Kontribusinya jauh melebihi peluang yang dapat kami berikan, dalam hal memainkannya sebagai starter. Dia membuat kami lebih baik setiap hari bersama kami - sikap yang sempurna, mentalitas pemenang. Prestasinya di sini akan bertahan dalam ujian waktu (bertahan lama)."

Takumi Minamino akan jadi satu-satunya pemain dari Asia yang membela Monaco besutan Philippe Clement.