BolaSkor.com - Timnas Indonesia Senior dan U-19 akhirnya melakukan latihan perdana di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (7/8). Namun pada latihan perdana ini, terlihat ada beberapa pemain yang tak terlihat, yakni Ilija Spasojevic, Osvaldo Haay, Zulfiandi, Asnawi Mangkualam, dan Muhammad Arfan.

Latihan tersebut langsung dipantau langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Pria yang kerap disapa Iwan Bule ini mengatakan bahwa pemusatan latihan atau training centre (TC) ini akan berlangsung sampai dengan tanggal 15 Agustus 2020.

Ini mundur dari rencana awal. Sebelumnya TC Timnas Indonesia Senior dan U-19 ini berlangsung sampai dengan tanggal 8 Agustus. Namun karena karantina pemain 14 hari, TC diperpanjang menjadi sepekan ke depan.

Baca Juga:

PSSI Jajaki TC Timnas Indonesia di Belanda

Ungkapan Kadek Agung Ikut Latihan Perdana Timnas Indonesia

"Paling tidak TC ini sampai tanggal 15 Agustus, soalnya tanggal 16 itu berangkat (ke Korea Selatan) tapi bisa juga kemungkinan mundur dari tanggal itu," kata Iriawan kepada awak media selepas latihan perdana Timnas Indonesia.

Lebih lanjut, mantan Kapolda Metro Jaya ini menjelaskan terkait absennya sejumlah pemain yang belum hadir dalam latihan perdana ini. Ia menyebut karena mereka melakukan isolasi mandiri.

"Masalah pemain yang belum hadir karena memang belum sampai 14 hari karantina, karena beberapa pemain kan hadirnya tidak berbarengan, jangka waktu itu sesuai dari protokol kesehatan," kata Iriawan

TC dilakukan oleh Timnas Indonesia sebagai persiapan menuju lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023. Tersisa tiga pertandingan yang harus dilakoni, yakni melawan Vietnam, Thailand dan Uni Emirate Arab (UAE).

Sedangkan Timnas Indonesia U-19 bakal melakoni persiapan Piala Asia U-19 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. Skuat Garuda Muda tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Iran, dan Kamboja.