Terakhir Kali Pemenang Titel Serie A Ditentukan di Laga Pamungkas

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 19 Mei 2022
Terakhir Kali Pemenang Titel Serie A Ditentukan di Laga Pamungkas
Lazio vs Inter Milan pada 2002 (Twitter)

b - Tidak diragukan lagi, perebutan titel Serie A 2021-2022 jadi yang terseru sejak dominasi Juventus selama bertahun-tahun yang dihentikan Inter Milan musim lalu. Scudetto musim ini belum dimenangi siapa pun.

Pada awalnya ada tiga kuda pacu persaingan Scudetto yang melibatkan AC Milan, Inter Milan, dan Napoli. Akan tapi pada akhirnya hanya duo Milan yang masih bertahan karena Napoli tak kuat mental terus bersaing di dalamnya.

Tekanan itu dapat dilihat dari inkonsistensi bermain Napoli arahan Luciano Spalletti. Pada beberapa laga yang seyogyanya dapat mereka menangi, Napoli gagal menang atau bahkan kalah hingga target realistis mereka adalah zona Liga Champions.

Sengitnya perebutan Scudetto antara Milan dan Inter dapat dilihat dengan fakta penentuan titel ditentukan di laga terakhir, atau pekan 38 Serie A. Inter akan menjamu Sampdoria (22/05) dan AC Milan bermain di markas Sassuolo (22/05) di waktu yang sama pada pukul 23.00 WIB.

Baca Juga:

Jadwal Laga Penentuan Serie A Beserta Syarat Milan dan Inter Raih Scudetto

Ketika Juventus Melepas Kepergian Dua Legenda

Nasib Scudetto Tak di Tangan Sendiri, Inter Berharap pada Sassuolo

Sekilas, Inter memiliki keuntungan bermain kandang sementara Milan bermain di markas tim yang seringkali mengejutkan tim-tim besar. Apapun dapat terjadi. Milan di urutan satu dengan 83 poin dan Inter di peringkat dua dengan 81 poin.

Sudah lama Serie A tidak memiliki persaingan sengit seperti saat ini dalam perebutan Scudetto. Kapan terakhir kali itu terjadi di Serie A?

Serie A Musim 2001-2002

Terjadi pada 12 tahun lalu ketika Serie A masih jadi salah satu terbaik di Eropa, persaingan ketat di antara tim-tim seperti Parma, Lazio, Sampdoria, Inter Milan, AC Milan, Juventus, dan AS Roma.

Pada musim 2001-2022 tiga tim masih terlibat persaingan Scudetto yakni Inter, Juventus, dan Roma. Urutannya jelang giornata akhir dari urutan satu sampai tiga adalah: Inter (69 poin), Juventus (68 poin), dan Roma (67 poin).

Juventus menang 2-0 atas Udinese, Roma menang 1-0 atas Torino, lalu bagaimana dengan Inter melalui laga melawan Lazio yang dihelat di Stadio Olimpico?

Scudetto ada di tangan mereka dan Inter perlu tiga poin untuk mengamankannya. Tapi takdir sepak bola tak berpihak kepada Inter. Lazio, meski tak lagi punya target, dapat dukungan suporter di kandang untuk menang karena mereka juga tak mau lihat Roma memenangi Scudetto.

Alhasil Inter mendapatkan perlawanan sengit. Sempat unggul dari gol Christian Vieri setelah 12 menit laga dimulai, Karel Poborsky menyamakan kedudukan dan Luigi Di Biagio membawa Lazio berbalik unggul 2-1.

Poborsky kembali mencetak gol dengan memanfaatkan kesalahan Vrarislav Gresko dan Diego Simeone menutup pesta gol Lazio. Inter kalah 2-4 dan gol kedua mereka dicetak Simone Inzaghi. Alhasil, Juventus menjadi juara menyalip Inter.

Serie a Milan AC Milan Inter Milan
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan