BolaSkor.com - Rencana UEFA menggelar laga final Liga Champions 2020-2021 di Istanbul terancam batal. Hal itu setelah Pemerintah Turki kembali menerapkan kebijakan lockdown.

UEFA sejak jauh-jauh hari menunjuk Ataturk Olympic Stadium sebagai venue final Liga Champions 2020-2021. Stadion berkapasitas 76 ribu tempat duduk itu bahkan harusnya menggelar laga puncak edisi musim lalu.

Namun pandemi virus corona yang terjadi sejak Maret tahun lalu membuat hak tuan rumah Istanbul mundur satu musim. UEFA mengubah format Liga Champions 2019-2020 dengan sistem single match di tempat netral.

Baca Juga:

Jumpa Manchester City di Final, Chelsea Tak Gentar

Real Madrid Tersingkir, Tawa Eden Hazard Picu Amarah Suporter

Lapang Dada, Zinedine Zidane Angkat Topi untuk Chelsea

Kasus virus corona yang mulai menurun membuat UEFA berharap laga final musim ini bisa dihadiri suporter meski dengan jumlah terbatas. Hal tersebut juga menjadi semacam pemanasan sebelum menggelar Piala Eropa 2020.

Namun kasus virus corona di Turki kembali melonjak belakangan ini. Pemerintah setempat terpaksa menerapkan kebijakan lockdown sejak 29 April silam.

Masa lockdown Turki rencananya akan berlangsung hingga 19 Mei mendatang. Sementara final Liga Champions dijadwalkan berlangsung sepuluh hari kemudian sehingga tidak berbenturan.

Masalah tak selesai sampai di situ. Pemerintah Inggris telah melarang warganya terbang ke Turki sampai batas waktu yang ditentukan. Padahal laga final Liga Champions akan menampilkan duel dua tim asal Britania Raya yaitu Manchester City dan Chelsea.

Pindah ke Inggris

Sebuah usulan kemudian disampaikan pemerintah Inggris dan FA. Mereka meminta UEFA memindahkan venue laga final ke negara mereka.

Hal ini dianggap menjadi opsi terbaik di tengah situasi yang tak pasti. Permintaan serupa juga sudah disampaikan oleh perwakilan suporter resmi Chelsea.

UEFA tentu akan mempertimbangkan secara matang opsi ini. Apalagi ada kemungkinan aturan lockdown Turki diperpanjang jika kasus positif harian tak menurun.

Andai ditunjuk menjadi tuan rumah, FA kemungkinan akan memberi kesempatan Stadion Wembley untuk menggelar laga final ini. Markas Timnas Inggris tersebut memang sudah berpengalaman menjadi venue pertandingan puncak termasuk Liga Champions.