Thomas Doll Kembali Lempar Kritik, Kali Ini soal TC Timnas Indonesia U-19

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 09 Juli 2022
Thomas Doll Kembali Lempar Kritik, Kali Ini soal TC Timnas Indonesia U-19
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. (Media Persija)

BolaSkor.com - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, kembali melontarkan kritik. Kali ini Timnas Indonesia U-19/U-20 yang dikritik ahli taktik asal Jerman tersebut.

Thomas Doll mengkritisi agenda pemusatan latihan atau TC Timnas Indonesia U-19/U-20 yang seringkali berlangsung dalam jangka panjang. Menurut Thomas Doll, para pemain di timnas tersebut seharusnya lebih sering berlatih dengan timnya masing-masing.

Persija menjadi tim yang paling banyak menyumbang pemain ke Timnas Indonesia U-19. Ada enam pemain tim Ibu Kota yang saat ini memperkuat tim Merah-Putih di Piala AFF U-19 2022, di antaranya Cahya Supriadi, Muhammad Ferrari, Radzky Syahwal Ginting, Raka Cahyana, Razzaa Fachrezi, dan Alfriyanto Nico Saputro.

"Yang jadi masalah di Indonesia, adalah para pemain muda tak punya kesempatan untuk berlatih dengan tim pertama klub. Saya tak pernah melihat mereka berlatih dengan tim. Tak satu pun. Ini seharusnya tak terjadi," kata Thomas Doll.

"Saat persiapan, mereka terbang dari satu negara ke negara lain untuk bertanding (dengan tim nasional), tapi mereka tak pernah ada di tim utama. Mereka tak punya kesempatan untuk menunjukkan kemampuan di klub."

Baca Juga:

Piala AFF U-19 2022: Timnas Indonesia U-19 Sikat Filipina 5-1, Rabbani Tasnim Hat-trick

Thomas Doll Menguji Starting Eleven Persija saat Hadapi RANS Nusantara

"Jika di sini timnas U-20 lebih penting daripada tim pertama liga, di Eropa berbeda. Saya tidak tahu, ini bukan wewenang saya. Ada pihak yang mesti memutuskan," tutur Thomas Doll.

Thomas Doll menilai para pemain tersebut terlalu banyak menjalani kegiatan di Timnas Indonesia U-19/U-20. Menurut dia, proses pembinaan yang tepat itu berlangsung di klub, bukan di tim nasional kelompok umur.

"Tentu saja mereka bisa ke timnas, tapi tidak sampai dua bulan juga. Pemain-pemain muda ini butuh waktu sampai mereka mengerti bagaimana sesi latihan dan filosofi (tim utama). Jadi tidak bisa langsung bermain (di Liga 1) ketika baru kembali dari timnas karena mereka tak pernah berlatih bersama kami," tutur eks pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Karena itu, Thomas Doll tidak bisa menjamin para pemain Persija yang saat ini memperkuat Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 akan jadi pemain utama ketika kembali ke klub.

"Bagaimana mereka bisa mendapatkan kesempatan, jika mereka tak pernah ada bersama tim utama (di klub). Saya pikir ini tak bagus untuk pemain muda klub karena semua ingin memastikan tempat di tim utama," pungkas Thomas Doll.

Persija jakarta Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-20 Thomas Doll Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.376

Bagikan