BolaSkor.com - UEFA, selaku Federasi Sepak Bola Eropa, telah merilis tiga kandidat teratas sebagai calon pemenang penghargaan Pemain Terbaik Eropa 2019. Ketiga kandidat itu adalah: Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Virgil van Dijk.

Pengumuman Pemain Terbaik Eropa 2019 akan diumumkan pada 29 Agustus 2019 di Monaco. Messi, Ronaldo, dan Van Dijk, menjadi tiga kandidat teratas karena unggul poin posisi dan pemungutan suara di atas kandidat lainnya.

Di bawah ketiganya ada: Alisson Bekker (57 poin), Sadio Mane (51 poin), Mohamed Salah (49 poin), Eden Hazard (38 poin), Matthijs de Ligt dan Frenkie de Jong (27 poin), dan Rahem Sterling (12 poin).

Messi, megabintang Barcelona, merupakan top skor Liga Champions musim lalu dan memenangi penghargaan Sepatu Emas Eropa. Sementara Ronaldo, yang telah pindah dari Real Madrid ke Juventus tahun lalu, membawa Portugal memenangi titel UEFA Nations League dan menjadi top skor.

Baca Juga:

Presiden Barcelona Sadar Perlu Bersiap setelah Lionel Messi Pensiun

Cristiano Ronaldo Jadi Mimpi Buruk Tuan Rumah di Serie A

Soal Ballon d'Or, Virgil van Dijk Justru Jagokan Lionel Messi

Luka Modric pemenang Pemain Terbaik Eropa edisi sebelumnya

Van Dijk, bek Liverpool, terpilih sebagai Man of the Match laga final Liga Champions kontra Tottenham Hotspur. Van Dijk berkontribusi besar dalam membawa The Reds juara Liga Champions untuk keenam kalinya.

Tahun lalu, Luka Modric, gelandang Madrid, memenangi penghargaan Pemain Terbaik Eropa dan mengalahkan Ronaldo serta Mo Salah. Messi kala itu ada di urutan lima dan Van Dijk tidak masuk 10 besar.

Kategori yang akan menerima penghargaan di Monaco nanti bukan cuma Pemain Terbaik Eropa, ada juga kategori Pemain Wanita Terbaik Eropa yang akan diperebutkan oleh tiga kandidat: Lucy Bronze, Ada Hegerberg, dan Amandine Henry.

Berikut penghargaan di kategori lainnya pada ajang Pemain Terbaik Eropa 2019 plus kandidat-kandidat pemenangnya:

Kiper Terbaik: Alisson Becker, Hugo Lloris, Marc-Andre ter Stegen
Bek Terbaik: Virgil van Dijk, Trent Alexander-Arnold, Matthijs de Ligt
Gelandang Terbaik: Jordan Henderson, Frenkie de Jong, Christian Eriksen
Penyerang Terbaik: Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Sadio Mane