Timnas Brasil Batal Boikot Copa America 2021

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 09 Juni 2021
Timnas Brasil  Batal Boikot Copa America 2021
Timnas Brasil merupakan juara bertahan Copa America. (Twitter)

BolaSkor.com - Rumor boikot yang akan dilakukan Tim Nasional Brasil di Copa America 2021 akhirnya tak terwujud. Para pemain Selecao memastikan ambil bagian dalam turnamen tersebut.

Penyelenggaraan Copa America 2021 berada dalam ketidakpastian usai Kolombia dan Argentina yang memiliki hak sebagai tuan rumah mundur. Konflik politik dalam negeri dan wabah virus corona menjadi alasan keputusan tersebut.

Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) kemudian menunjuk Brasil sebagai tuan rumah pengganti. Keputusan ini dibuat kurang dari sebulan dari jadwal kick off.

Baca Juga:

Drama Copa America di Brasil: Boikot hingga Pengunduran Diri Tite

Copa America Carut-marut, Tite Bantah Dipaksa Mundur

Rival Ancam Boikot, Argentina Pastikan Tampil di Copa America 2021

Copa America 2021

Namun keputusan CONMEBOL tersebut dianggap Timnas Brasil cukup mengherankan. Hal itu karena penyebaran virus corona di negara mereka juga belum terkendali.

Akibatnya, para Timnas Brasil sempat berniat untuk memboikot Copa America 2021. Mereka bahkan dikabarkan berdebat dengan federasi sepak bola negaranya.

Timnas Brasil akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi untuk menjawab polemik ini. Hal tersebut dilakukan usai mengalahkan Ekuador dengan skor 2-0 pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022, Rabu (9/6) pagi WIB.

“Kami adalah grup yang kompak, tetapi dengan ide yang berbeda. Karena berbagai alasan, kemanusiaan atau profesional, kami tidak puas dengan perilaku yang ditunjukkan CONMEBOL terkait Copa America," bunyi pernyataan resmi Timnas Brasil.

"Semua fakta baru-baru ini membuat kami percaya bahwa ada proses yang tidak memadai. Penting untuk ditekankan bahwa kami tidak pernah ingin menjadikan ini sebagai diskusi politik."

“Kami menentang penyelenggaraan Copa America, tetapi kami tidak akan pernah mengatakan tidak kepada tim nasional Brasil," sambung pernyataan tersebut.

Sikap Timnas Brasil ini menjadi sinyal positif bagi CONMEBOL. Copa America 2021 kini tampaknya dapat digelar sesuai jadwal.

Copa America 2021 rencananya berlangsung pada 13 Juni hingga 10 Juli mendatang. Duel Brasil kontra Venezuela akan menjadi laga pembuka.

Timnas Brasil Copa America 2021 Copa America Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan