Timnas Indonesia Berpeluang Jalani Sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 di China

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 15 Januari 2021
Timnas Indonesia Berpeluang Jalani Sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 di China
Timnas Indonesia saat menjamu Thailand. (ThailandNTOfficial)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia berpeluang menjalani tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 putaran kedua di China. Peluang ini ada menyusul keinginan Asosiasi Sepak Bola Shanghai menjadi tuan rumah penyelenggara sisa kualifikasi yang tertunda karena pandemi virus corona (COVID-19).

Keinginan ini muncul juga tak lepas dari kemungkinan sisa kualifikasi digelar secara terpusat. Opsi terpusat memang tengah dipertimbangkan, di samping tetap menggelar sisa kualifikasi dengan sistem kandang dan tandang.

AFC sejauh ini masih menjadwalkan dua pertandingan digelar pada Maret 2021 (25 dan 30). Sementara lainnya pada Juni 2021.

Baca Juga:

Vietnam Soroti Jadwal Kualifikasi Piala Dunia pada Maret

Timnas Indonesia Senior Akan Dipersiapkan, Massa Otot Jadi Perhatian

Setiap asosiasi diperkirakan saling komunikasi dengan mempertimbangkan kondisi COVID-19 dan aturan di masing-masing negara, terkait laga kandang dan tandang Maret 2021. Apabila tak tereksekusi pada Maret, laga kemungkinan digeser ke Juni dengan sistem secara terpusat.

Dalam pertemuan November 2020, AFC sebelumnya sudah menetapkan bahwa Kualifikasi Piala Dunia 2022 sekaligus Piala Asia 2023 putaran kedua harus rampung 15 Juni 2021.

"Shanghai berniat mengajukan diri dengan Stadion Pudong, jika 40 besar diubah dengan sistem turnamen," tulis Sina.

Pada 3 Desember, Wakil Walikota Shanghai Chen Qun sudah menyatakan bahwa pihaknya akan aktif memperjuangkan kemungkinan menjadi tuan rumah beberapa Kualifikasi Piala Dunia 2022. Shanghai belakangan dipastikan menjadi salah satu kota yang akan menggelar Piala Asia 2023.

Sementara itu Sekjen Asosiasi Sepak Bola Shanghai, Lin Yi, menyatakan bahwa Shanghai relatif nyaman dalam hal transportasi, udara, dan sudah berpengalaman dalam pencegahan pandemi. Apalagi, Stadion Pudong akan rampung.

Selain China, Qatar juga berpeluang menggelar sisa kualifikasi secara terpusat. Qatar sebelumnya sukses menyelenggarakan sisa Liga Champions Asia 2020 yang memunculkan Ulsan Hyundai sebagai juara.

Afc Timnas Indonesia Kualifikasi piala dunia Kualifikasi Piala Dunia 2022
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan