Timnas Indonesia U-16 Dibekali Pengetahuan soal Virus Corona

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Kamis, 12 Maret 2020
Timnas Indonesia U-16 Dibekali Pengetahuan soal Virus Corona
Dokter Timnas Indonesia U-16, Irfan Akhmad. (PSSI)

BolaSkor.comVirus Corona sedang marak di dunia, bahkan Indonesia sudah menjadi salah satu negara yang sudah positif terkena Covid-19. Melihat hal tersebut dokter Timnas Indonesia U-16, Irfan Akhmad langsung memberikan pengetahuan terkait dengan virus tersebut kepada pemain Timnas.

Irfan menggelar penyuluhan kepada para pemain agar bisa mengetahui gejala-gejala orang yeng terkena virus Corona. Selain itu, Irfan juga memberi tahu bagaimana cara mencegah agar tidak terkena penyakit tersebut.

“Saya memberikan pengetahuan mengenai apa itu sebenarnya penyakit ini, dari mana asalnya, bagaimana gejala hingga mengatasi serta mencegah agar tidak terkena penyakit, kepada para pemain. Tentu dengan bahasa yang dapat dimengerti oleh anak-anak seusia mereka,” kata Ifran Akhmad.

Baca Juga:

Pemain Timnas Indonesia U-16 Digeber Fisik dan Taktikal

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti Siapkan Sanksi Tegas jika Pemain dan Ofisial Tidak Disiplin

“Virus ini juga dikenal dengan nama RNA virus, ini virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Virus ini berasal dari Cina. Awalnya, penularannya melalui hewan seperti kelelawar, unta dan ular.”

“Saya juga mejelaskan virus ini merupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS. Namun, virus ini hanya dapat bertahan pada suhu dibawah 10 derajat celcius. Adapun gejala-gejala yang dapat diketahui adalah, demam, batuk, sakit kepala, badan terasa lemas, hidung tersumbat dan sakit tenggorokan,” tambahnya.

Tidak hanya itu saja Irfan juga menjelaskan bagaimana cara virus itu menular dan hal apa saja yang diperlukan agar tidak tertular dengan virus tersebut.

“Seperti saat sedang batuk, bersin dan berjabat tangan. Virus ditularkan jika Anda menyentuh cairan orang yang terinfeksi, lalu menyentuh mata, hidung dan juga mulut,” tuturnya.

“Bagaimana cara mengatasinya? Pertama, sering mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik dan pastikan tangan, jari, kuku bersih dari kuman. Kedua, Istirahat yang cukup dan konsumsi makanan bergizi seimbang (perbanyak sayur dan buah). Ketiga, hindari menyentuh mata, hidung atau mulut dengan tangan yang tidak bersih,”

“Keempat, menutup mulut, hidung dengan tissue ketika bersin atau batuk. Kelima, hindari kontak dengan orang yang sakit. Keenam, hindari bepergian ke daerah yang terjangkit virus ini. Ketujuh, gunakan masker jika berada di lingkungan rumah sakit yang merawat pasien infeksi Corona,” ujar Irfan.

Sementara pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti mengaku senang dengan adanya penyuluhan terkait dengan Virus Corona ini. Menurutnya ilmu yang diberikan sangat penting untuk para pemain dan pelatih yang ada di Timnas Indonesia U-16 ini.

“Sore ini ada penyuluhan dan pemberian materi mengenai pengenalan terhadap virus corona, dari sisi kesehatan. Di tim ini, kami tidak hanya memberikan pelatihan sepak bola saja, namun ada hal-hal lain yang harus juga diberikan ke pemain, untuk menambah pengetahuan mereka,” tutur pelatih kepala tim, Bima Sakti.

Timnas Indonesia U-16 Virus Corona Bima sakti
Posts

4.871

Bagikan