BolaSkor.com - Dua tim Asia Tenggara yakni Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam dipastikan meramaikan Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan, 1-18 Maret 2023. Keduanya lolos dari babak kualifikasi.

Timnas Indonesia U-20 lolos sebagai juara Grup F. Kepastian diperoleh setelah mengalahkan Vietnam 3-2 di laga terakhir grup.

Indonesia pun tampil sempurna, mengingat di dua laga sebelumnya juga meraih kemenangan masing-masing atas Timor Leste (4-0) dan Hong Kong (5-1).

Adapun Vietnam lolos sebagai satu dari lima runner-up terbaik. Vietnam ada di posisi pertama klasemen runner-up terbaik dengan catatan enam poin dan selisih gol plus tujuh.

Baca Juga:

Kalah dari Timnas Indonesia U-20, VFF Nyatakan Vietnam Juga Lolos Piala Asia

Vietnam Puji Kualitas Timnas Indonesia U-20

Vietnam berada di atas Kirgistan (runner-up J), China (runner-up A), Suriah (runner-up D), dan Thailand (runner-up G).

Thailand menjadi satu-satunya yang belum pasti lolos sebagai runner-up terbaik, karena Grup H baru akan digelar 14-18 Oktober. Grup H akan menampilkan persaingan Australia, Irak, India, dan Kuwait.

Thailand akan lolos sebagai runner-up terbaik kelima jika runner-up Grup H punya poin kurang dari enam dan selisih gol kurang dari plus tiga.

"Kami harus menerima skor dalam pertandingan. Oman mencetak gol dari tendangan bebas, mengubah situasi dalam permainan dan saya serta staf bangga dengan para pemain," kata pelatih Thailand Salvador Garcia usai kekalahan 0-1 dari Oman di partai terakhir Grup G.

"Kami bangga dengan enam poin yang kami raih. Kami ingin memenangkan pertandingan ini dan lolos secara otomatis, tetapi masih ada harapan melihat situasi grup lain."

Sementara itu, tim Asia Tenggara lain yakni Myanmar, Laos, Malaysia, Timor Leste, Filipina, Singapura, Kamboja dipastikan tidak lolos.