Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia Menuju Pentas Dunia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 26 Juni 2022
Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia Menuju Pentas Dunia
Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia. (INAF)

BolaSkor.com - Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia sedang bersiap untuk menghadapi Piala Dunia Amputasi 2022, yang akan digelar di Turki, Oktober 2022. Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia akan melakukan pemusatan latihan di Lapangan Sports Club Serenia Mansion Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (25/6).

Jelang pemusatan latihan, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia memberikan dukungan.

“Kemenpora akan terus memantau sekaligus memastikan pelatnas Timnas Sepak Bola Amputasi berjalan dengan baik. Dan, Kemenpora berharap mereka bisa meraih prestasi maksimal saat tampil di Turki nanti," kata Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora, Chandra Bhakti.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Melesat di Ranking Terbaru FIFA, Ketum PSSI: Target Saya 150 Besar

Egy Maulana Vikri Curhat ke Shin Tae-yong soal Calon Klubnya Musim Depan

Ketua Umum Pekumpulan Sepak Bola Amputasi Indonesia (PSAI), Yudi Yahya, menyambut baik kepedulian Kemenpora. Ia pun mengucapkan terima kasih.

"PSAI mengucapkan terima kasih kepada pak Menpora Zainudin Amali. Pelatnas Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia ini berjalan dengan biaya Kemenpora. Waktu tiga bulan ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mempersiapkan pemain Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia agar bisa memberikan penampilan terbaik di Turki nanti," kata Yudi Yahya di Wisma Duta Wiyata Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Ucapan terima kasih juga disampaikan pelatih Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia, Bayu Guntoro.

“Kami bersyukur Kemenpora ikut memberikan dukungan sehingga pelatnas Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia untuk menghadapi Kejuaraan Dunia bisa berjalan selama tiga bulan," kata Bayu Guntoro.

Ya para penain memang sangat antusias adanya pelatnas yang didukung Kemenpora. Pengalaman dari hasil laga di Bangladesh akan menjadi bahan evauasi untuk bisa mempersiapkan mereka lebih baik lagi," tambah pelatih kiper Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia, Miftahul Khair.

Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia
Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia. (INAF)

Persiapan Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia

Menurut mantan pemain Persita Tangerang dan Persiba Balikpapan tersebut, akan mempersiapkan Timnas Sepak Bola Amputasi sebaikmungkin, sehingga bisa bersaing pada Piala Dunia nanti. Bahkan, dia punya keinginan untuk membawa Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia bisa merebut gelar juara.

“Saya pertama kali melihat pelatih asal Brunei Darussalam menangani anak-anak disabilitas yang bermain sepak bola saat mengambil pelatih lisensi C AFC di Brunei Darussalam. Melihat semangat anak tersebut sangat luar biasa, saya kagum dan mendorong saya ingin terlibat dalam pembinaan pemain disabilitas. Kebetulan, Indo One Sports ingin punya yayasan yah jadi saya ingin mewujudkannya," ujar Bayu Guntoro.

“Saya senang dan tertantang mendapat kepercayaan menangani program latihan pelatnas Timnas Sepak Bola Amputasi yang akan berlaga di Kejuaraan Dunia Sepak Bola Amputasi di Turki, Oktober mendatang.”

"Memang persaingan sangat ketat terutama datang dari tim tuan rumah Turki, Polandia, dan Inggris. Tetapi, saya pribadi punya target untuk membawa Timnas Sepak Bola Indonesia bisa mengangkat Piala," kata Direktur Teknik Indo One Sports ini.

Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia
Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia. (INAF)

Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia lolos ke putaran final Piala Dunia dari ajang Kualifikasi Zona Asia Timur yang berlangsung di Dhaka, Bangladesh, beberapa waktu lalu itu.

Dari tiga laga yang dijalani, Timnas Sepak Bola Amputasi meraih kemenangan atas Bangladesh (8-0) dan Malaysia (3-0). Lalu hanya sekali kalah dari Jepang dengan skor 0-2.

Menyandang status sebagai runner-up, Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia melaju ke putaran final Piala Dunia Amputasi 2022 bersama Jepang.

Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan