BolaSkor.com - Federasi Sepak bola Vietnam (VFF) pasrah apabila kiper Timnas Vietnam Dang Van Lam tak dilepas klubnya Muangthong United ikut serta dalam Piala AFF 2020. Muangthong United berpeluang menahan Dang Van Lam menyusul perubahan jadwal kompetisi tertinggi Thailand Thai League 1.

Thai League 1 rencananya digelar lagi mulai September 2020 dan berakhir pada Mei 2021. Rencana ini muncul dalam pertemuan dengan petinggi klub Thai League 1, Selasa (14/4), yang juga dihadiri Thai League Company selaku operator kompetisi.

Menurut Presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT), Somyot Poompunmuang, rencana tersebut sudah disepakati secara bulat. Kompetisi yang sudah berjalan empat putaran akan digelar jika pandemi virus corona tidak semakin buruk atau lebih baik.

Baca Juga:

PSSI-nya Thailand Akan Lanjutkan Thai League Mulai September 2020

Timnas Thailand Pertimbangkan Mundur dari Piala AFF 2020, Malaysia Masih Menunggu

Rencana ini akan semakin memperkokoh wacana menurunkan skuat U-23 Thailand di Piala AFF apabila jadi digelar. Sementara klub tentu akan mempertahankan para pemain andalan demi tetap kompetitif di liga.

VFF pasrah karena Piala AFF bukan agenda resmi FIFA, sehingga tak ada kewajiban klub untuk melepas pemain ke tim nasional.

"Kami harus menerima jika klub tidak melepas pada saat Piala AFF 2020 berlangsung, karena itu sesuai aturan FIFA. Kami tidak punya cara lain dan akan berdiskusi dengan pelatih Park Hang-seo agar Timnas Vietnam punya persiapan dan personil terbaik untuk Piala AFF 2020," jelas Tran Quoc Tuan dikutip dari Khampha.

Dang Van Lam yang turut mengantarkan Golden Dragon meraih titel juara Piala AFF 2018 merupakan satu-satunya pemain Vietnam di Thai League 1 2020.

Perubahan jadwal Thai League 1 juga berpotensi menghalangi pemain lain memperkuat Timnas di Piala AFF 2020, termasuk Rudolof Yanto Basna yang tercatat sebagai penggawa PT Prachuap.

Selain itu ada sejumlah pemain Filipina seperti Kevin Ingreso, Carli de Murga, Daisuke Sato, Martin Steuble, Javier Patino, Patrick Reichelt, Alvaro Silva, Iain Ramsay, juga pemain Singapura Irfan Fandi, Zulfahmi Arifin, Izwan Mahbud, Baihakki Khaizan.