TIRA-Persikabo Tolak Rencana LIB Gelar Persik Vs Bali United di Stadion Dipta

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 28 Maret 2022
TIRA-Persikabo Tolak Rencana LIB Gelar Persik Vs Bali United di Stadion Dipta
Para pemain TIRA Persikabo merayakan gol ke gawang Persiraja Banda Aceh. (LIB)

BolaSkor.com - Sikap tegas ditunjukkan TIRA Persikabo soal surat permohonan yang disampaikan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) kepada 17 klub peserta Liga 1 2021/2022 terkait rencana mereka menggelar laga Persik Kediri kontra Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (31/3). Surat bernomor 165/LIB-KOM/III/2022 itu dikirimkan LIB kepada klub-klub pada Senin (28/3).

Dalam surat tersebut, LIB menjelaskan rujukan mengapa laga Persik kontra Bali United harus dilaksanakan di Stadion Kapten I Wayan Dipta yang merupakan markas dari Bali United.

Beberapa rujukan yang jadi pertimbangan LIB antara lain surat Gubernur Bali bernomor B.31.426/25875/PORA/DIKPORA perihal Permohonan Venue Pertandingan Pekan Ke-34 dan Kehadiran Penonton tanggal 26 Maret 2022.

LIB menjelaskan, salah satu alasan menyetujui perpindahan venue karena pertandingan Bali United Vs Persik akan dihadiri oleh sejumlah tamu VIP dan yang memenuhi syarat hanya Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Seperti diketahui, dalam pertandingan tersebut akan digelar awarding ceremony sekaligus penyerahan trofi Liga 1 kepada Bali United yang menjadi juara musim ini.

Baca Juga:

Wayan Koster Izinkan Laga Bali United Vs Persik Dihadiri 15 Ribu Penonton

Bangganya Abduh Lestaluhu Rasakan Juara Liga 1 dan Liga 2

Meski demikian, soal permintaan dihadirkan penonton sebanyak 75 persen dari kapasitas Stadion Kapten I Wayan Dipta, LIB dengan tegas menolaknya.

Sekadar informasi, Gubernur Bali, I Wayan Koster, sempat mengajukan permohonan kepada LIB supaya laga antara Bali United dan Persik bisa dihadiri 15 ribu penonton karena status penanganan COVID-19 di Bali sudah berstatus level 2. Secara aturan level itu memungkinkan sebuah acara olahraga dihadiri 75 persen dari total kapasitas venue, dalam kasus ini adalah Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar.

Akan tetapi, keputusan LIB yang memindahkan venue pertandingan Bali United Vs Persik mendapat penolakan dari TIRA Persikabo.

"TIRA Persikabo menyatakan menolak atau tidak setuju dengan rencana tersebut," kata Media Officer TIRA Persikabo, Nandang Permana Sidik.

Untuk diketahui, LIB sebelumnya menetapkan syarat khusus di Liga 1 musim ini yang memakai sistem kompetisi series, di mana klub yang kotanya jadi tuan rumah, tidak bisa bermain di kandang sendiri.

Hal ini berlaku untuk Persib Bandung, Persita Tangerang, Persija Jakarta, dan TIRA Persikabo, saat seri pertama Liga 1 digelar di Jabodetabek.

Begitu juga ketika Liga 1 memasuki seri kedua dan ketiga yang digelar di Jawa Tengah dan Yogyakarta di mana PSIS Semarang dan PSS Sleman tidak bermain di markasnya sendiri.

Selama pelaksanaan seri empat dan lima di Pulau Dewata, Bali United juga sebelumnya hanya bermain di Stadion I Gusti Ngurah Rai dan Kompyang Sujana yang berada di Denpasar.

PT Liga Indonesia Baru PT LIB Bali United Liga 1 Tira Persikabo Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.384

Bagikan