Tiru Tradisi Bayern Munchen, Chelsea Juga Libatkan Legenda di dalam Struktur Klub

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 03 Agustus 2019
Tiru Tradisi Bayern Munchen, Chelsea Juga Libatkan Legenda di dalam Struktur Klub
Claude Makelele (@ClaudeMakelele)

BolaSkor.com - Chelsea boleh jadi belajar banyak dari tradisi Bayern Munchen dalam memercayai legenda klub untuk mengisi jabatan di dalam struktur klub. Hal itu bisa dilihat dari kembalinya Claude Makele ke Stamford Bridge.

Mantan pemain Chelsea medio 2003-2006 itu akan mengisi jabatan Mentor Teknikal untuk pemain-pemain muda. Makelele akan bertanggung jawab membentuk karakter dan kemampuan pemain muda akademi sebelum memulai karier profesional.

Lelaki berusia 46 tahun juga akan bekerja dengan pemain-pemain Chelsea yang dipinjamkan, mengunjungi mereka, dan kembali untuk memberikan penilaian kepada Chelsea.

"Saya sangat bahagia kembali ke rumah. Klub ini telah memberikan banyak hal kepada saya dan sekarang, saya ingin memberikannya kembali dan membantu pemain-pemain muda Chelsea yang bermimpi punya karier sepak bola," tutur Makelele di laman resmi klub.

Baca Juga:

Piala Super Eropa 2019, Sejarah Terukir pada Laga Liverpool Vs Chelsea

Wejangan Jose Mourinho untuk Frank Lampard di Chelsea

Strategi Transfer Kedua Bayern Munchen: Perkuat Tim Muda, Rekrut Leon Dajaku

Frank Lampard, Claude Makelele, dan Joe Cole sudah kembali ke Chelsea

Makelele, yang memenangi dua titel Premier League dengan Chelsea, baru satu nama yang kembali ke Stamford Bridge setelah sempat bermain sebagai pesepakbola profesional.

Total, pada musim 2019-20, ada enam mantan pemain yang dipekerjakan kembali dalam jabatan berbeda di struktur klub.

Keenam pemain itu adalah Jody Morris (Asisten Pelatih), Carlo Cudicini (Penasihat Pemain Pinjaman), Frank Lampard (manajer), Makele (Mentor Teknikal), Joe Cole (Pelatih Akademi), dan Paulo Ferreira (Penasihat Pemain Pinjaman)

Apa yang dilakukan Chelsea itu persis dengan harapan yang disampaikan Sir Alex Ferguson, mantan manajer legendaris Manchester United, yang ingin melihat Red Devils kembali menerima legenda-legenda untuk masuk struktur klub.

"Bayern Munchen adalah klub yang bisa dijadikan contoh bagi tim-tim lain. Legenda mereka benar-benar menjalankan klub dengan sangat baik," tutur Ferguson.

"Uli Hoeness dan Karl-Heinz Rummenigge menjalankan klub dengan cara yang benar. Bayern juga selalu berhasil menjuarai Bundesliga. Bayern Munchen adalah klub yang hebat," imbuhnya.

Hasan Salihamidzic, Uli Hoeness, dan Karl-Heinz Rummenigge

Bayern sudah menjalankan tradisi itu sudah lama. Di dalam struktur mereka ada Uli Hoeness (Presiden), Karl-Heinz Rummenigge (CEO), Hasan Salihamidzic (Direktur Olahraga), Niko Kovac (Pelatih), Miroslav Klose (Pelatih Tim Muda), Robert Kovac (Asiten Pelatih).

Satu nilai plus jika melibatkan legenda-legenda dalam klub adalah: pengalaman serta pengetahuan mereka akan kultur klub.

Breaking News Chelsea Bayern munchen Claude Makelele Legenda
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan