BolaSkor.com - Sejumlah pelatih klub-klub top Eropa telah berpatisipasi di forum Pelatih Klub-klub Elite UEFA pada Selasa (12/11) dini hari WIB. Di dalam salah satu topik hangat yang dibicarakan dalam pertemuan itu adalah penggunaan VAR (Video Asisten Wasit).

Sejumlah pelatih top Eropa hadir di pertemuan tersebut seperti: Zinedine Zidane (Real Madrid), Pep Guardiola (Manchester City), Carlo Ancelotti (Napoli), Jurgen Klopp (Liverpool), Unai Emery (Arsenal), Maurizio Sarri (Juventus), Erik ten Hag (Ajax Amsterdam), dan eks pelatih Juventus, Massimiliano Allegri.

Penggunaan VAR memang masih menuai kontroversi dalam penerapan, keputusan wasit, khususnya di Premier League, Inggris, yang baru menerapkannya musim ini. Menurut Rudi Garcia, pelatih Olympique Lyonnais, wasit utama harus tetap memimpin laga, bukan VAR.

Baca Juga:

Rapat Exco PSSI Bahas VAR, Ketua Umum Iwan Bule Beri Penjelasan

Mauricio Pochettino Salahkan VAR Terkait Kartu Merah Son Heung-min

Ketika VAR Menjadi 'Bintang Lapangan'

VAR - Video Asisten Wasit

"Kami ingin wasit tetap menjadi pemimpin pertandingan dan VAR menjadi alat untuk meningkatkan sepak bola," ucap Rudi Garcia, pelatih Olympique Lyonnais, dikutip dari Marca.

Terkait penerapannya yang mendapatkan banyak kritikan, Giorgio Marchetti (Direktur UEFA) dan Klopp, setuju apabila VAR memang masih harus dikaji ulang dan dikembangkan agar lebih baik lagi di masa depan.

"Ini alat yang masih muda (baru digunakan), masih harus dievolusi, dan (sesuatu) yang seharusnya bisa membantu. Sudah jelas itu musti disempurnakan dan digunakan (agar bisa lebih) jelas," tambah Marchetti.

"VAR salah satu masalah yang telah kita semua bicarakan. (Kita berbicara) bagaimana cara mengembangkannya karena itu harus dilakukan. Anda harus memberikan waktu untuk operasi sempurnanya," imbuh Klopp.

Hal lainnya yang dibahas adalah isu terkait handball kala terjadi di area terlarang (kotak penalti). Pembahasan itu untuk melihat bagaimana handball yang berbuah penalti atau tidak dalam sebuah pertandingan.