BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mengumumkan penunjukkan Kim Pan-gon sebagai pelatih Timnas Malaysia. Penunjukkan Kim Pan-gon disampaikan langsung Presiden FAM, Datuk Haji Hamidin Haji Mohd Amin dalam konferensi pers pertemuan pertama Komite Eksekutif FAM, Jumat (21/1).

Sebelum pengumuman ini, sang presiden menyatakan bahwa pihaknya mendapat permohonan dari banyak pihak untuk menjadi pelatih Harimau Malaya.

Hamidin menambahkan bahwa penunjukkan didasarkan beberapa pertimbangan, di antaranya pemahaman tentang sepak bola Malaysia, lisensi pro AFC, pengalaman menangani tim nasional, dan jaringan internasional.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Respons Polemik Pernyataan Haruna hingga Jadi Bintang Iklan

Jadi Lawan Timnas Indonesia, Timor Leste Turunkan Skuat U-23

"Ia juga tahu musuh Malaysia. Kita akan bermain di SEA Games dan Asia. Bukan artinya tidak bertemu tim Eropa atau lain, tetapi kami ingin peningkatan di Asia Tenggara dan Asia," kata Hamidin.

"Akhirnya kami buat keputusan. Kami umumkan penunjukkan pelatih Korea Selatan, Kim Pan-gon, 53 tahun sebagai pelatih tim nasional. Dengan empat staf atau asisten, teknikal, fisik, pelatih kiper, dan analis akan bersama beliau mengendalikan pasukan Malaysia menggantikan Tan Cheng Hoe dengan kontrak 2 tahun."

Kim Pan-gon rencananya datang ke Malaysia pada pertengahan Februari 2022. Ia kemudian melakukan pemantauan pemain di Piala Sumbangsih, sebelum menghadiri sejumlah laga Liga Super Malaysia.

Kim Pan-gon pernah menangani klub Busan IPark dan Gyeongnam FC sebagai asisten. Ia juga pernah memberikan jasanya untuk Timnas Hong Kong sebagai pelatih.

Terakhir ia mengemban tugas sebagai Ketua Komite Penguatan Tim Nasional Federasi Sepak Bola Korea (KFA).