BolaSkor.com - Pelatih Bayern Munchen Hans-Dieter Flick berhasil melewati pencapaian terbaik Pep Guardiola setelah berhasil membawa Bayern Munchen menang 5-0 atas Fortund Dussledorf. Flick menorehkan rekor 22 kemenangan dari 25 laga pertamananya menangani Munchen, lebih baik daripara Guardiola yang memetik 21 kemenangan.

"Statistik dan rekor tidak menarik buat saya. Yang terpenting adalah mengukir musim yang sukses," ujar Flick yang masuk menggantikan Niko Kovac pada November 2019.

"Di Bayern, Anda diharapkan untuk menjadi juara. Itu tujuan kami. Masih ada beberapa laga lagi."

Baca Juga:

Bayern 5-0 Dusseldorf: Hansi Flick Lewati Catatan Guardiola, Muller Raja Assist

Cetak Dua Gol ke Gawang Dusseldorf, 18 Klub Bundesliga Telah Jadi Korban Keganasan Lewandowski

9 Pemain Top yang Pernah Dijual Pep Guardiola

Flick mendapatkan kepercayaan untuk menangani Thomas Muller cs setelah Bayern Munchen memecat Niko Kovac yang hanya meraih lima kemenangan dari sepuluh laga awal Bundesliga musim ini.

Sehari setelah Bayern dipermalukan Eintracht Frankfrut 1-5, Flick ditunjuk sebagai pelatih sementara. Dianggap sukses, Bayern memberikan kontrak permanen kepada Flick hingga 2023 pada April lalu.

Flick berhasil melewati rekor Guardiola, tetapi apakah dia lebih baik? Sejak awal, media-media Jerman kerap membandingkan Flick dengan Guardiola, yang dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik yang pernah menangani Bayern Munchen.

Guardiola memiliki rapor impresif bersama Munchen. Selama tiga musim menangani Bayern, Guardiola mencatatkan persentase kemenangan sebesar 77 persen. Catatn tersebut paling besar dibandingkan pelatih-pelatih Bayern sebelumnya.

Dengan melewati catatan apik Guardiola, Flick dianggap sudah membuktikan bahwa dirinya bisa menyamai Guardiola.
Akan tetapi, sejatinya catatan Flick masih sedikit lebih buruk dibandingkan Guardiola. Hal ini karena Guardiola mencatat satu kekalahan dari 25 laganya, sedangkan Flick menelan dua kali kekalahan.

Guardiola juga lebih unggul dari hal rekor tak terkalahkan. Guardiola tak terkalahkan dalam 24 dari 25 laga. Sementara Flick yang memulai langkah dengan empat kemenangan sempat menderita dua kekalahan beruntun dari Bayer Leverkusen dan Borussia Monchengladbach.

Meskipun demikian, Bayern Munchen asuhan Hans-Dieter Flick tampak lebih garang dalam urusan mencetak gol ketimbang asuhan Pep Guardiola. Dalam 25 laga, armada Flick mencetak 80 gol, sementara Bayern Munchen era Guardiola hanya mampu mencetak 74 gol.

Di sisi pertahanan, racikan Flick juga lebih tangguh. Di bawah Flick, Bayern hanya kebobolan 16 gol dan mencatatkan 15 kali clean sheet. Sedangkan pasukan Guardiola kebobolan 20 kali dan hanya mencatatkan 14 kali clean sheet dalam 25 laga tersebut.

Ada satu catatan yang akan membuat Flick bisa menjadi lebih baik daripada Guardiola, yaitu dengan membawa pulang trofi Liga Champions. Ya, Guardiola memang gagal menjuarai Liga Champions selepas meninggalkan Barcelona.

Musim ini Bayern memang tidak hanya berpeluang meraih trofi di Bundesliga tapi juga di Liga Champions. Bayern sudah selangkah lebih depan melaju ke perempat final usai menang 3-0 atas Chelsea di leg satu 16 besar yang berlangsung di Stamford Bridge.