BolaSkor.com - Titel Premier League semakin dekat menuju Anfield. Liverpool melanjutkan kegemilangan mereka melalui kemenangan 1-0 atas Tottenham Hotspur di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (12/01) dini hari WIB, melalui gol tunggal yang dicetak Roberto Firmino.

Tottenham asuhan Jose Mourinho sudah berupaya semaksimal mungkin menjebol gawang Liverpool yang dijaga Alisson. Hal itu bisa dilihat dari 14 percobaan tendangan dan empat di antaranya tepat sasaran (meski kalah penguasaan bola 32 persen).

Akan tapi pada akhirnya, kolektivitas dan kualitas individu pemain-pemain Liverpool mampu menjadi pembeda di akhir pertandingan. Mengoleksi 61 poin, plus masih menyisakan satu laga tunda, Liverpool berjarak 16 poin dengan Leicester City di urutan dua klasemen.

Baca Juga:

Pindah ke Nike, Liverpool Bisa Raih 100 Juta Pounds per Musim

Hasil Pertandingan Liga Eropa: Inter Milan Gagal Raih Tiga Poin, Liverpool Jaga Momentum

Jose Mourinho Iri dengan Bursa Transfer Liverpool

Tottenham 0-1 Liverpool

"Pertama dan paling penting adalah hasil akhirnya. Satu tim pantas menang dan itu adalah kami. Menang di Tottenham cukup istimewa. Pertandingan itu tidak berakhir (dengan gol yang membunuh laga) setelah 50-60 menit adalah kesalahan kami," kata Jurgen Klopp di Sky Sports.

"Itu sangat intens bagi kami. Anda dapat memprediksi mereka bertahan jauh di stadion ini, tetapi skor 4-6-0 di babak pertama. Jika mudah untuk menang di sini, lebih banyak tim akan melakukannya.

Apapun itu Liverpool meraih tiga poin, menjaga momentum, dan juga mencatatkan clean sheets. Dari laga itu sejumlah ukiran rekor baru atau catatan menarik muncul. Dilansir dari Opta, berikut catatan-catatan tersebut:

- Satu hasil imbang dan 20 kemenangan menjadikan Liverpool sebagai satu-satunya tim yang meraih poin terbanyak di Premier League (61 poin) dan juga di antara tim-tim di lima liga top Eropa.

- Sejak terakhir kalah dari Manchester City pada Januari 2018, Liverpool tak pernah kalah selama 38 laga dengan catatan 33 kemenangan dan lima hasil imbang (104 poin). 104 poin melebihi rekor Manchester City dan Chelsea yang meraih 102 poin.

- Sejak musim 1933-34 Liverpool tak pernah membukukan rekor torehan gol di 21 laga beruntun dan musim ini sejarah tersebut berulang kembali.

- Tottenham telah kebobolan 20 gol dari 13 laga sejak ditangani oleh Jose Mourinho. Uniknya, bersama Chelsea Jose Mourinho butuh 44 laga sebelum kebobolan gol di jumlah yang sama.

- Liverpool mencatatkan enam clean sheets beruntun di Premier League sejak terakhir terjadi pada Desember 2006 (tujuh clean sheets).

- Roberto Firmino melanjutkan ketajamannya. Dia mencetak lima gol dari enam pertandingan Liverpool di seluruh kompetisi - sama dengan jumlah gol yang dicetaknya pada 30 laga sebelumnya.