BolaSkor.com - Kepala Wasit UEFA, Roberto Rosetti, mengumumkan VAR bakal digunakan mulai 16 Besar Liga Champions 2018-2019. Rosetti mengungkapkan alasan UEFA menggunakan VAR.

Sebelumnya, UEFA berencana menggunakan VAR di Liga Champions mulai musim depan. Akan tetapi, muncul desakan untuk mereka mempercepat penggunaan teknologi tersebut.

Hasilnya, UEFA pun mempercepat rencana awal menggunakan VAR di Liga Champions. Mereka mulai menerapkannya pada fase gugur Liga Champions musim ini.

UEFA sendiri terlambat menggunakan VAR. Sebelumnya, Serie A, Bundesliga, LaLiga, dan Piala Dunia 2018 telah menerapkan teknologi tersebut.

Baca Juga:

Real Madrid Belum Konsisten, Santiago Solari Incar Liga Champions

Mauricio Pochettino Nilai VAR Bakal Rusak Premier League

VAR di Piala Dunia 2018

Roberto Rosetti menjelaskan alasan UEFA mempercepat penggunaan VAR. Menurutnya, UEFA melihat VAR dapay membantu wasit yang bertugas di atas lapangan.

"UEFA yakin Liga Champions bakal menerima keuntungan dari VAR. Ini akan membantu wasit bertugas dan mengurangi keputusan yang salah," kata Roberto Rosetti.

"Wasit menerima dengan baik keputusan menggunakan VAR. Kami melakukan beberapa pelatihan dan mereka menerimanya dengan baik. Kami membuat keputusan tepat menggunakan VAR."

"Kami melakukan uji coba terhadap teknologi. Kami mencoba VAR dalam beberapa pertandingan. Menurut saya, kami siap menggunakan VAR di 16 besar Liga Champions," lanjutnya.

Liga Champions batal menjadi kompetisi top terakhir yang menerapkan VAR. Premier League baru menggunakan VAR mulai musim 2019-2020.