BolaSkor.com - Status Memphis Depay sebagai ujung tombak andalan Barcelona mulai terancam. Xavi Hernandez selaku pelatih memberikan ultimatum kepada pemain berkebangsaan Belanda tersebut.

Depay diboyong Barcelona dengan status bebas transfer pada musim panas lalu. Ronald Koeman memberikan tanggung jawab kepada pemain berusia 27 tahun itu untuk menggantikan peran Messi sebagai pusat serangan Barcelona.

Depay memulai perjalanannya di Barcelona dengan baik. Ia hampir selalu tampil penuh dalam setiap pertandingan dan rutin menyumbang gol.

Baca Juga:

Prediksi Barcelona Vs Real Madrid: El Real di Atas Angin

Mengenang Sengitnya Duel Terakhir Messi dan Ronaldo di Piala Super Spanyol

Dikecewakan Madrid, Isco Terima Tawaran Barcelona

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez

Pemecatan Koeman dan masuknya Xavi sebagai pelatih tak membuat Depay kehilangan posisi di skuat inti. Ia juga masih rutin mencetak gol.

Namun cedera hamstring yang diderita Depay sejak pertengahan Desember silam membuat situasinya menjadi rumit. Xavi mulai terbiasa menyusun strategi tanpa kehadiran pemain bernomor punggung sembilan tersebut.

Apalagi Luuk de Jong terbukti mampu menggantikan peran Depay dengan baik. Pemain yang juga berasal dari Belanda itu selalu mencetak gol dalam dua laga terakhirnya secara beruntun.

Hal itu membuat Xavi tergoda untuk terus mengandalkan De Jong di lini depan. Padahal Depay telah pulih dari cedera.

Xavi pun menuntut Depay untuk segera kembali ke performa puncak. Itu merupakan syarat wajib untuk kembali menjadi starter.

“Depay sama seperti semua pemain lain. Pada akhirnya, mereka yang pantas mendapat tempat memenangi banyak kompetisi," kata Xavi dilansir dari Diario Sport.

“Kami memiliki beberapa opsi dengan tim utama dan ada persaingan nyata di sana. Ini tentang meritokrasi."

"Siapa pun yang pantas bermain akan membayar, itu yang saya alami. Siapa pun yang lebih baik akan bermain terlepas dari siapa namanya," tambahnya.

Menarik melihat siapa yang akan diturunkan Xavi saat Barcelona berhadapan dengan Real Madrid pada semifinal Copa del Rey, Kamis (13/1) dini hari WIB. De Jong dan Depay punya peluang yang sama besar untuk bermain sejak menit pertama.