BolaSkor.com - Yakob Sayuri tak bisa menutupi rasa bahagianya setelah gabung latihan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman. Inilah momen pertama pemuda asal Serui dipanggil membela tim Garuda.

Nama Yakob Sayuri melejit setelah masuk dalam skuat Barito Putera musim 2019. Perekrutan pemain berusia 21 tahun ini cukup mengejutkan mengingat dia datang dari klub Liga 3 zona Papua, Persemi Mimika.

Yakbo Sayuri tak butuh waktu lama untuk meyakinkan tim pelatih Barito Putera. Pada laga pembuka Liga 1 2019, dirinya langsung masuk starting eleven.

Keputusan pelatih Jacksen Tiago tentu membuat Sayuri terkejut. Namun kejutan lain kemudian datang. Namanya masuk dalam daftar pemain baru yang dipanggil dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23.

Baca Juga:

Perasaan Kiper Muda Bali United Jalani TC Timnas Indonesia U-23

Komentar Striker Persik Kediri Usai Kembali Dipanggil ke TC Timnas Indonesia U-23

Penggilan ini menjadi yang pertama sepanjang karier profesional Sayuri. Dia benar-benar tak menyangka bisa dipantau pelatih Indra Sjafri. Apalagi musim lalu Sayuri masih jadi bagian tim yang berkompetisi di Liga 3.

"Tidak menyangka bisa dipanggil Timnas, apalagi baru musim ini saya main di Liga 1, puji tuhan saya diberi kesempatan untuk gabung bersama teman-teman di Timnas U-23," ucap Yakob Sayuri.

Bila mengingat lagi perjalanan kariernya, Yakob Sayuri seperti tak percaya bisa gabung Timnas U-23. Dia tak pernah terdaftar dalam sekolah sepak bola (SSB). Dia bermain sepak bola setiap sore di kampung Manawi, Serui.

Bakatnya kemudian terpantau oleh legenda Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam. Pada tahun 2017, dia diboyong dari Serui ke Jayapura. Sayuri gabung dalam tim Persewar Waropen yang dilatih Eduard Ivakdalam.

Saat Eduard Ivakdalam melatih Persemi Mimika bersama Ardiles Rumbiak, Sayuri ikut gabung Persemi. Dia mencetak 13 gol dalam sebelas pertandingan, yang kemudian menjadikannya top skor Liga 3 zona Papua.

"Luar biasa perjalanan ini, tidak disangka-sangka Tuhan punya rencana seperti ini. Sekarang saya akan berusaha untuk menunjukkan yang terbaik di Timnas U-23. Saya ingin membawa Timnas juara," tegas Sayuri.

Timnas U-23 ini merupakan proyeksi menuju SEA Games 2019. Untuk menjadi pilihan utama sektor sayap kanan, Sayuri harus bersaing dengan Saddil Ramdani dan Witan Sulaeman.

Tentu saja bukan perkara mudah. Namun dengan kecepatan dan insting golnya, bukan tak mungkin Sayuri akan terpilih menjadi bagian tim Garuda Nusantara besutan Indra Sjafri. (Laporan Kontributor Al Khairan Ramadhan)