BolaSkor.com - Undian grup Liga Champions 2021-2022 telah dilakukan pada Kamis (26/08) malam WIB. Dari delapan grup (A-H) yang terbagi persaingan di grup B memunculkan perhatian tersendiri.

Persaingan di grup ini diprediksi bakal berjalan ketat antara AC Milan, Liverpool, Atletico Madrid, dan Porto. AC Milan dan Liverpool punya tradisi bagus di Liga Champions, sementara Atletico dan Porto juga bisa memunculkan kejutan.

"Ini (persaingan grup B) akan ketat karena keempat tim mampu mengambil poin satu sama lain jika tidak mampu menjaga fokus, tetapi akan mengejutkan jika Liverpool dan Atleti gagal lolos fase grup," tulis Mark Ogden, penulis senior di ESPN.

Sementara itu di grup lain prediksi tim mana yang favorit lolos sebagai dua teratas relatif dapat ditebak. Seperti Manchester City dan PSG di grup A, Inter Milan dan Real Madrid di grup D, Bayern Munchen dan Barcelona di grup E, Chelsea dan Juventus di grup H.

Baca Juga:

Daftar Pemenang Penghargaan UEFA 2021: Jorginho Jadi Pemain Terbaik

Hasil Undian Babak Grup Liga Champions 2021-2022: Man City Segrup dengan PSG, Barcelona Jumpa Bayern

Menanti Cristiano Ronaldo Menelan Ludah Sendiri

Undian Liga Champions

Grup C juga menghadirkan persaingan yang relatif ketat karena berisikan Sporting Lisbon, Borussia Dortmund, Ajax Amsterdam, dan Besiktas. Sedangkan grup F cukup menarik, Manchester United unggulan tapi ada potensi mengejutkan dari Villarreal dan Atalanta selain Young Boys.

Pun demikian di grup G yang akan mempertemukan Lille, Sevilla, Salzburg, dan Wolfsburg. Ini sama ketatnya dengan grup C. Pertandingan pertama nantinya akan berlangsung pada 14 dan 15 September 2021 dan fase akhir grup dihelat 7 dan 8 Desember 2021.

Berikut fakta-fakta menarik dari hasil undian grup Liga Champions 2021-2022:

1. AC Milan dan Liverpool sudah dua kali jumpa di Liga Champions. Keduanya saling mengalahkan satu sama lain di final Liga Champions 2005 dan 2007.

2. Milan bertemu Porto sembilan kali di Eropa (menang empat kali). Terakhir kedua tim bertemu pada 2003 (milan menang 1-0) di ajang Piala Super Eropa.

3. Milan dua kali jumpa Atletico di Eropa dan kalah dua kali, terakhir pada Maret 2014 kala Milan kalah 1-4.

4. Empat pertemuan Liga Champions Man United vs Villarreal berakhir tanpa gol, pertemuan paling sering terjadi tanpa adanya gol yang tercipta.

5. Hanya Real Madrid, Barcelona, dan Bayern Munchen yang memainkan lebih banyak laga Liga Champions ketimbang Man United (230 laga), Red Devils satu-satunya dari lima tim yang memainkan 100 laga atau lebih (121 laga).

6. Liverpool hanya menang sekali dari enam laga melawan Atletico di kompetisi Eropa (dua kali imbang dan tiga kali kalah).

7. Liverpool telah lolos 11 kali dari 14 fase grup Liga Champions League, termasuk keempatnya di bawah arahan Jurgen Klopp

8. Dengan adanya PSG di grup, Lionel Messi dapat menghapi Man City untuk ketujuh kali di Liga Champions. Messi telah mencetak enam gol dari enam laga kontra City.

9. Dari 25 manajer yang memimpin setidaknya 50 laga Liga Champions, Man City arahan Pep Guardiola punya persentase kemenangan terbaik (63 persen - 86 kemenangan dari 136 laga).

10. Chelsea hanya kalah sekali dari 13 laga Liga Champions musim lalu, yakni kala kalah melawan Porto (0-1). Setelahnya unbeaten di tujuh laga tandang (enam kali menang dan imbang sekali).