3 Alasan Liverpool Akan Bangkit saat Melawan RB Leipzig

Arief HadiArief Hadi - Senin, 15 Februari 2021
3 Alasan Liverpool Akan Bangkit saat Melawan RB Leipzig
Sesi latihan Liverpool (Twitter)

BolaSkor.com - Juara bertahan Premier League Liverpool bak tim pesakitan saat ini. Pada ajang Premier League mereka tertinggal 12 poin dari pemuncak klasemen Manchester City, menelan tiga kekalahan beruntun baru ini.

Kekalahan terbaru diderita ketika kalah 1-3 dari Leicester City di King Power Stadium. Itu jadi kekalahan ketiga beruntun The Reds di Premier League dan sebelumnya kalah 1-4 dari Manchester City.

Bak singa terluka Liverpool akan menyambangi Puskas Arena, tempat pertandingan melawan Leipzig, tim yang musim lalu mencapai semifinal Liga Champions dan menyingkirkan Manchester United dari fase grup musim ini.

Baca Juga:

10 Fakta Menarik dari Undian 16 Besar Liga Champions 2020-2021

Leicester 3-1 Liverpool: Delapan Menit yang Menghancurkan The Reds

Pandemi, Anomali Laga Kandang, dan Pemain ke-12

"(Hasil undian) cukup sulit. Leipzig bermain di semifinal tahun lalu dan tahun ini terlihat bagus lagi. Dalam grup yang sangat sulit dan rumit, mereka lolos dan itu menjelaskan segalanya tentang mereka, luar biasa," tutur Jurgen Klopp soal hasil undian kontra Leipzig.

Laga melawan Leipzig itu jadi momen tepat untuk Liverpool coba mendapatkan kembali kepercayaan diri, mendapatkan momentum untuk membangkitkan musim ini. Berikut sejumlah alasan Liverpool punya potensi menang atau bangkit di laga nanti:

1. Target untuk Dikejar

Jurgen Klopp

Nasib masa depan Jurgen Klopp masih aman di Liverpool dan tidak ada rumor pemecatan, meski saat ini Liverpool performanya tengah menurun. Klopp adalah manajer yang mengakhiri titel liga selama 30 tahun dan juga memenangi Liga Champions.

Kendati demikian Klopp juga tahu untuk menyelamatkan musim ini bagi Liverpool ada dua cara yang dapat dilakukan: finish di empat besar Premier League dan juara Liga Champions. Apalagi Liverpool telah tersingkir di Piala FA dan Piala Liga.

Memenangi Liga Champions tidak mudah tapi bukan tidak mungkin juga, apalagi ini jadi satu-satunya fokus besar klub untuk meraih trofi. Tak ayal singa terluka seperti Liverpool bisa mengamuk jika menemukan momen dalam laga melawan Leipzig.

2. Puskas Arena

Puskas Arena

Leg satu nanti akan berlangsung di Puskas Arena pada Rabu (17/02) dini hari WIB. Stadion di Hungaria bukan markas RB Leipzig dan perpindahan ke tempat netral terjadi karena pandemi virus corona.

Tak ayal di laga nanti kans kedua tim sama kuat 50-50 di antara kedua tim. Sekilas terlihat 50-50 namun Liverpool sedikit diuntungkan, sebab ada potensi leg dua nanti berlangsung di Anfield (tidak ada perubahan).

Penonton atau fans memang belum hadir di stadion karena virus corona, namun bermain di tempat netral bisa mengurangi tekanan kepada Liverpool yang sedianya berstatus tim tamu. Status itu bisa membantu Liverpool bangkit di laga nanti.

3. Statistik dan 'Mata-mata' di Skuad Liverpool

Naby Keita pernah membela RB Leipzig

Liverpool dan Leipzig baru pertama kali bertemu di Eropa di laga nanti. Tapi ketika konteksnya berbicara mengenai pertemuan Liverpool melawan tim Jerman, maka Liverpool punya keunggulan dengan catatan lima laga tandang tak pernah kalah melawan klub-klub dari Jerman.

Liverpool tak pernah kalah dengan catatan tiga kemenangan dan dua hasil imbang. Leipzig juga tak pernah kalah di enam laga kandang terakhir di Liga Champions, tapi itu terjadi di markas mereka, bukan Puskas Arena.

Statistik tak berpengaruh kala pertandingan berlangsung. Meski begitu hal tersebut bisa menjadi pelecut kepercayaan diri Liverpool, terlebih dalam skuad Liverpool kini ada 'mata-mata' pemain yang pernah berkarier di Jerman.

Thiago Alcantara, Xherdan Shaqiri, Roberto Firmino, Divock Origi, Nathaniel Phillips, dan Ozan Kabak bisa memberikan informasi kepada Klopp (yang juga berasal dari Jerman) mengenai Leipzig arahan Julian Nagelsmann.

Breaking News Liverpool RB Leipzig Liga Champions Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan