BolaSkor.com - Arsenal sukses membalaskan dendam kekalahan sebelumnya di Old Trafford kala melawan Manchester United. Pada pekan 21 Premier League di Emirates Stadium, The Gunners menang 3-2 atas Red Devils, Minggu (22/01) malam WIB.

Arsenal pun semakin kuat di puncak klasemen dengan 50 poin dari 19 pertandingan, terpaut limat poin dengan Manchester City yang bermain 20 kali dan memiliki 45 poin. Sebagai informasi, kedua tim belum pernah bertemu musim ini di Premier League.

Jalannya Pertandingan

Sampai saat ini Man United satu-satunya tim yang dapat mengalahkan Arsenal di Premier League. Tanpa Casemiro yang terkena sanksi akumulasi kartu, Erik ten Hag memainkan taktik 4-2-3-1 dan pengganti Casemiro adalah Scott McTominay.

Mikel Arteta menerapkan formasi 4-3-3 untuk Arsenal dengan mengandalkan Bukayo Saka, Eddie Nketiah, dan Gabriel Martinelli di lini depan. Pemain anyar mereka yang baru direkrut dari Brighton & Hove Albion, Leandro Trossard, ada di bangku cadangan.

Baca Juga:

Pep Guardiola Tak Menyesal Lepas Dua Mantan Pemain Manchester City ke Arsenal

Lihat Hasil Kerja Ten Hag di Manchester United, Arteta Angkat Topi

4 Kemenangan Manchester United di Emirates Stadium dalam Sejarah Premier League

Laga berjalan dengan tempo cepat dan Arsenal di awal laga menekan pertahanan Man United. Akan tapi gol pertama bukan datang dari tuan rumah melainkan tim tamu, Man United, pada menit 17.

Berawal dari bola yang direbut di tengah dari Thomas Partey, Marcus Rashford menunjukkan kualitas individu melewatinya dan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti dengan kencang. Bola tak dapat dibendung Aaron Ramsdale. 1-0 Man United unggul.

Gol itu tak bertahan lama karena Arsenal menyamakannya di menit 24 melalui Eddie Nketiah. Pengguna nomor punggung 14 itu mengakhiri pola serangan rapih yang dibangun Arsenal, berujung umpan silang Granit Xhaka yang ditanduk Nketiah. 1-1.

Permainan berjalan cukup terbuka dan Man United perlahan punya penguasaan bola jelang akhir laga babak pertama. Bahkan ada satu peluang tepat sasaran mereka yang ditepis Ramsdale, saat menghadang bola spekulatif tendangan McTominay. Babak pertama berakhir imbang 1-1.

Di awal babak kedua Arteta menarik keluar Ben White yang sudah menerima kartu kuning, menggantinya dengan Takehiro Tomiyasu. Arsenal sukses berbalik unggul di menit 53 dari gol yang dicetak Bukayo Saka.

Kesulitan Saka keluar dari kawalan Luke Shaw dimanfaatkannya untuk mengambil inisiatif. Saka melepaskan tendangan jarak jauh dengan kaki kirinya dan tidak bisa diantisipasi David De Gea. 2-1 Arsenal berbalik unggul.

Man United tidak menyerah begitu saja. Kemelut di kotak penalti pada menit 59 dari sepak pojok dimanfaatkan Lisandro Martinez dengan baik. Berawal dari kesalahan Ramsdale menyapu bola, bola disundul Martinez dan berbuah gol. Kedudukan kembali imbang 2-2.

Selepas hasil imbang tersebut Arsenal mampu mendominasi jalannya pertandingan. Man United dipaksa 'menonton' permainan dan bermain bertahan. Arteta memainkan Trossard di menit 82 menggantikan Martinelli, sementara Ten Hag menarik Antony dan menggantinya dengan Fred di menit 71.

Man United tetap membiarkan Arsenal menyerang hingga itu bak menunda suatu hal yang tak bisa dicegah: gol. Benar saja, pada menit 90 Nketiah mencetak gol ketiga Arsenal ketika menerima assist dari Oleksandr Zinchenko.

Gol sempat ditinjau melalui VAR dan gol itu bertahan, tidak offside. Ten Hag baru memainkan Alejandro Garnacho di menit 90+2 menggantikan Raphael Varane dan segalanya sudah telat. Arsenal menang 3-2 di Emirates Stadium.

Susunan Pemain

Arsenal (4-3-3): Aaron Ramsdale; Ben White (Takehiro Tomiyasu 46'), William Saliba, Gabriel Magalhaes, Oleksandr Zinchenko; Thomas Partey, Martin Odegaard (Rob Holding 90+3'), Granit Xhaka; Bukayo Saka, Eddie Nketiah, Gabriel Martinelli (Leandro Trossard 82').

Pemain Cadangan: Kieran Tierney, Emile Smith Rowe, Rob Holding, Takehiro Tomiyasu, Leandro Trossard, Fabio Vieira, Albert Sambi Lokonga, Marquinhos, Matt Turner.

Pelatih: Mikel Arteta

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Raphael Varane (Alejandro Garnacho 90+2'), Lisandro Martinez, Luke Shaw; Christian Eriksen, Scott McTominay; Antony (Fred 71'), Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Wout Weghorst.

Pemain Cadangan: Victor Lindelof, Harry Maguire, Tyrell Malacia, Fred, Tom Heaton, Facundo Pellestri, Anthony Elanga, Alejandro Garnacho, Kobbie Mainoo.

Pelatih: Erik ten Hag