3 Pengguna Nomor Punggung 18 Liverpool di Era Premier League sebelum Cody Gakpo

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 29 Desember 2022
3 Pengguna Nomor Punggung 18 Liverpool di Era Premier League sebelum Cody Gakpo
Cody Gakpo (Twitter)

BolaSkor.com - Bursa transfer musim dingin belum dibuka namun Liverpool sudah mengenalkan pemain baru. Dia adalah penyerang asal Belanda berusia 23 tahun, Cody Gakpo, yang dibeli dari PSV Eindhoven dan akan mengenakan nomor punggung 18.

"Klub Sepak Bola Liverpool telah mencapai kesepakatan untuk transfer Cody Gakpo dari PSV Eindhoven, tunduk pada izin kerja," demikian pernyataan di situs resmi Liverpool.

"Penyerang berusia 23 tahun itu secara resmi akan menjadi pemain The Reds pada awal jendela transfer Januari setelah menyetujui persyaratan pribadi dan berhasil menyelesaikan tes medis di Pusat Pelatihan AXA."

Baca Juga:

Bukan Ditikung, Manchester United Tak Serius Kejar Cody Gakpo

Liverpool Butuh Pemain seperti Cody Gakpo

Pakai Nomor 18, Cody Gakpo Resmi Diperkenalkan Liverpool

Sejauh ini Gakpo sudah mencetak sembilan gol dan memberikan 12 assists untuk PSV di Eredivisie. Dia juga telah mencetak tiga gol dari lima laga yang sudah dimainkannya untuk timnas Belanda di Piala Dunia 2022.

"Saya merasa sangat baik, saya sangat senang berada di sini. Saya menantikan untuk memulai latihan dan mulai bermain untuk klub yang luar biasa ini," terang Gakpo.

"Saya pikir ini adalah klub yang hebat bagi saya untuk datang dan mencoba menunjukkan apa yang saya bisa (lakukan) dan mencoba membantu tim untuk mencapai momen yang lebih indah yang telah mereka lakukan dalam beberapa tahun terakhir."

"Saya pikir bagi saya pribadi juga bagus untuk berkembang di sini dan ada banyak pemain hebat di sini (yang) dapat saya pelajari mengenai banyak hal."

Pada era Premier League Cody Gakpo jadi pemain keempat Liverpool yang mengenakan nomor punggung 18. Siapa saja pemain sebelum Gakpo yang mengenakannya?

1. John Arne Riise

Tujuh tahun membela Liverpool (2001-2008) dan terkenal dengan tendangan kaki kiri yang kencang. John Arne Riise dapat bermain sebagai bek kiri, bek sayap kiri, bahkan gelandang sayap kiri dengan kemampuannya pada stamina kuat.

Dalam kurun waktu tersebut Riise memenangi titel Piala FA, dua Piala Super Eropa, dan satu Liga Champions. Dengan timnas Norwegia ia punya 110 caps dengan torehan 16 gol. Saat ini ia jadi pelatih untuk klub Norwegia, Avaldsnes.

2. Dirk Kuyt

Pekerja keras yang pernah dimiliki Liverpool dan juga timnas Belanda. Dirk Kuyt membela Liverpool pada medio 2006-2012 setelah sebelumnya memperkuat Utrecht dan Feyenoord, lalu setelahnya gabung Fenerbahce, Feyenoord, dan pensiun pada 2018 dengan Quick Boys.

Posisi aslinya penyerang tetapi karena kemampuan serba bisa dan etos kerjanya, Kuyt bahkan pernah ditempatkan sebagai bek sayap di timnas Belanda oleh Louis van Gaal. Kuyt juga dapat bermain sebagai penyerang sayap.

Penilik 104 caps dengan timnas Belanda dan menorehkan 24 gol banting setir jadi pelatih setelah pensiun. Sempat jadi asisten pelatih di Quick Boys, Kuyt kemudian melatih tim U-19 Feyenoord dan terakhir melatih ADO den Haag.

3. Alberto Moreno

Satu-satunya pemain yang masih aktif bermain saat ini dan membela Liverpool pada era Jurgen Klopp. Alberto Moreno (30 tahun) memperkuat Liverpool selama lima tahun (2014-2019) sebelum kembali ke Spanyol dan membela Villarreal sampai saat ini.

Dua titel Liga Europa sudah dimenanginya di Sevilla dan Villarreal, serta satu trofi Liga Champions bersama Liverpool. Alberto Moreno berposisi sebagai bek kiri dan punya kelincahan bermain kala membantu serangan.

Trivia Sepak Bola Liverpool Cody Gakpo
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan