BolaSkor.com - Kejutan besar mewarnai gelaran Piala Afrika 2021 usai Ghana terhenti di fase grup. Yang lebih mengejutkan, penjegal juara empat kali tersebut merupakan tim antah-berantah.

Tim yang dimaksud adalah Timnas Komoro. Skuat yang ditangani Amir Abdou mengalahkan Ghana dengan skor 3-2 pada laga terakhir grup C di Roumde Adjia Stadium, Rabu (19/1) dini hari WIB.

Tiga gol kemenangan Komoro dicetak oleh El Fardou Mohamed Ben Nabouhane dan Ahmed Mogni (dua gol). Sementara Ghana hanya mampu membalas dua kali melalui aksi Richmond Boakye dan Alexander Djiku.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Piala Afrika 2021: Tuan Rumah Lolos ke Fase Gugur

Hasil dan Klasemen Piala Afrika 2021: Kalah Mengejutkan, Ghana Angkat Koper

Piala Afrika 2021: Timnas Gabon Pulangkan Aubameyang

Kemenangan Komoro ini turut dibantu dengan kartu merah yang diterima Andre Ayew. Ghana harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-25.

Laga kontra Ghana menjadi tonggak sejarah baru bagi Komoro. Ini merupakan kemenangan perdana mereka di putaran final Piala Afrika.

Kemenangan ini juga mengantar Komoro melaju ke fase gugur. Mereka menjadi salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik.

Sepak terjang Komoro memberi warna tersendiri dalam gelaran Piala Afrika 2021. BolaSkor.com telah merangkum sejumlah fakta menarik terkait timnas dari negara berpenduduk sekitar 850 ribu jiwa di bawah ini:

1. Berstatus Debutan

Piala Afrika 2021 merupakan debut Komoro tampil pada putaran final kejuaraan sepak bola paling bergengsi di benua hitam. Mereka lolos dari babak kualifikasi dengan status runner up grup G.

Lolosnya Komoro ke putaran final juga merupakan kejutan. Negara yang terletak di utara selat Mozambik itu menyingkirkan Togo.

Sepanjang babak kualifikasi, Komoro mengemas sembilan poin hasil dua kemenangan, tiga hasil imbang, serta satu kekalahan.


2. Berperingkat 132 Dunia

Komoro saat ini menempati peringkat ke-132 dalam ranking FIFA. Jumlah poinnya saat ini adalah 1118,76.

Hanya Etiopia dan Gambia selaku kontestan Piala Afrika 2021 dengan peringkat lebih rendah. Peringkat Komoro juga masih di bawah tiga tim asal Asia Tenggara yaitu Vietnam, Thailand, dan Filipina.


3. Bermaterikan Pemain Keturunan

Komoro membawa 26 pemain untuk berlaga di putaran final Piala Afrika 2021. Dari jumlah tersebut, hanya satu orang yang murni kelahiran Komoro.

Satu pemain yang dimaksud adalah Abdallah Ali Mohammed. Namun ia kini tengah berkarier di Swiss bersama Stade Lausanne.

Sementara 22 pemain lain lahir di daratan Prancis. Tiga sisanya datang dari Mayotte yang merupakan wilayah kekuasaan Prancis di Afrika Timur.


4. Semua Pemain Berkarier di Luar Negeri

Said Bakari menjadi salah satu bintang paling besar di Timnas Komoro dan berkarier di Belanda bersama RKC Waalwijk.

Semua pemain Komoro juga berkarier di luar negeri. Sebanyak 24 pemain bahkan tersebar di berbagai klub Eropa.

Hanya Mohamed M'Changama yang berkarier di benua Afrika bersama klub Mauritania, FC Nouadhibou. Sementara Ali Ahamada yang berstatus kiper cadangan kini tanpa klub usai kontraknya bersama Brann (Norwegia) habis awal Januari kemarin.