Hasil dan Klasemen Piala Afrika 2021: Kalah Mengejutkan, Ghana Angkat Koper

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 19 Januari 2022
Hasil dan Klasemen Piala Afrika 2021: Kalah Mengejutkan, Ghana Angkat Koper
Timnas Ghana tersingkir dari Piala Afrika 2021. (Twitter)

BolaSkor.com - Kejutan besar mewarnai gelaran Piala Afrika 2021. Ghana yang berstatus tim besar harus tersingkir di fase grup.

Kepastian itu ditentukan pada laga terakhir grup C. Ghana yang butuh kemenangan untuk lolos justru takluk 2-3 dari Komoro di Roumde Adjia Stadium, Rabu (19/1) dini hari WIB.

Tanda-tanda kekalahan Ghana sudah terlihat sejak menit keempat. Gawang kawalan Joe Wollacott secara mengejutkan mampu dibobol oleh El Fardou Mohamed Ben Nabouhane.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Piala Afrika 2021: Tuan Rumah Lolos ke Fase Gugur

Piala Afrika 2021: Timnas Gabon Pulangkan Aubameyang

Hasil dan Klasemen Piala Afrika 2021: Nigeria Sempurna, Mesir Jaga Peluang

Kesialan Ghana bertambah setelah Andre Ayew menerima kartu merah langsung pada menit ke-25. Wasit menganggap sang pemain melakukan pelanggaran berbahaya kepada kiper Komoro, Salim Ben Boina.

Komoro kian di atas angin setelah Ahmed Mogni menggandakan keunggulan pada menit ke-61. Hebatnya, Ghana sempat bangkit dan menyamakan kedudukan melalui dua gol sumbangan Richmond Boakye (64') dan Alexander Djiku (77').

Di sisa waktu, Ghana tampil menyerang untuk mencetak gol kemenangan. Namun tim Milovan Rajeva harus menelan pil pahit karena kembali kebobolan lewat sontekan Mogni pada menit ke-85.

Hasil ini membuat Ghana gagal menyalip Gabon di peringkat kedua. Tragisnya, mereka mengakhiri fase grup sebagai juru kunci karena hanya mampu meraih satu poin.

Tersingkir di fase grup tentu menjadi sebuah aib bagi Ghana. Apalagi kolektor empat trofi Piala Afrika tersebut diperkuat bintang-bintang klub Eropa.

Kegagalan ini membuat posisi Rajevac sebagai pelatih rawan dipecat. Namun pria berkebangsaan Serbia itu masih yakin tetap melanjutkan tugas dan membawa Ghana lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

"Saya akan bertahan dan memimpin Ghana di Kualifikasi Piala Dunia Maret mendatang. Target saya adalah membuat Ghana lolos ke Piala Dunia, meski Piala Afrika ini adalah target utama saya," kata Rajevac usai pertandingan.

"Saya menantikan Ghana lolos ke Piala Dunia pada bulan Maret."

Di pertandingan lain grup C, Gabon mampu menahan imbang Maroko dengan skor 2-2. Hasil ini mengantarkan kedua tim ke babak 16 besar.

Hasil Pertandingan Piala Afrika 2021, Rabu (19/1) dini hari WIB:

Malawi 0-0 Senegal
Zimbabwe 2-1 Guinea
Gabon 2-2 Maroko
Ghana 2-3 Komoro

Piala Afrika Timnas Ghana Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan