BolaSkor.com - Sepak bola Spanyol seperti tak pernah habis melahirkan talenta-talenta kelas dunia. Yeremy Pino menjadi nama terbaru yang siap bersinar.

Nama Pino mungkin masih terdengar asing di telinga pecinta sepak bola. Hal itu wajar karena pemain berusia 19 tahun itu hanya memperkuat Villarreal.

Meski begitu, Pino tampaknya hanya tinggal menunggu waktu untuk menjadi rebutan klub-klub besar. Apalagi ia sudah mencatatkan debut bersama Timnas Spanyol pada semifinal dan final UEFA Nations League 2021.

Baca Juga:

5 Hal Menarik dari Gavi, Debutan Termuda Timnas Spanyol Milik Barcelona

5 Hal Menarik dari Ivan Toney, Striker yang Ditakdirkan Bermain di Premier League

4 Hal Menarik Mengenai Christopher Nkunku, Talenta yang Disia-siakan PSG

Karier Pino memang melesat dengan sangat cepat. Ia baru mencatatkan debut di tim utama Villarreal pada musim lalu.

Hebatnya, Pino hanya butuh tiga laga untuk mencetak gol perdana di level profesional. Ia total membukukan tujuh gol dan satu assist dari 37 penampilan sepanjang musim lalu.

Memasuki musim 2021-2022, satu tempat di tim utama Villarreal telah menjadi milik Pino. Ia kini sudah membukukan dua gol dan tiga assist dari sebelas penampilan di semua kompetisi.

BolaSkor.com telah merangkum fakta-fakta menarik terkait Pino. Berikut ini empat di antaranya:

1. Tolak Kesempatan Gabung La Masia

Pino bukanlah asli produk akademi Villarreal. Ia awalnya mengasah skill olah bolanya di jalanan sebelum direkrut Las Palmas yang merupakan kota kelahirannya saat berusia sebelas tahun.

Pino kemudian mencuri perhatian pemandu bakat Villarreal saat tampil menonjol di turnamen junior regional saat berusia 14 tahun. The Yellow Submarine tanpa ragu menawarkannya untuk bergabung.

Menariknya, Villarreal bukan satu-satunya klub yang ingin meminang. Barcelona juga ingin menarik Pino ke La Masia.

Normalnya, Pino lebih memilih Barcelona yang lebih populer. Namun ia mengambil langkah tak populer karena terkesan dengan fasilitas dan kualitas pengajaran akademi Villarreal.


2. Pemain termuda yang pernah juara Liga Europa

Musim debut Pino di tim utama Villarreal berakhir manis. Ia sukses membantu timnya juara Liga Europa.

Pada laga final, Villarreal mengalahkan Manchester United lewat drama adu penalti. Pino tampil sebagai starter dan bermain selama 71 menit.

Kesuksesan tersebut juga membuat Pino memecahkan sebuah rekor langka. Ia kini resmi menjadi pemain termuda yang pernah juara Liga Europa atau Piala UEFA.

Pino baru berusia 18 tahun 218 hari ketika itu. ia memecahkan rekor milik Robin van Persie selama hampir dua dekade silam.


3. Redupkan Sinar Takefusa Kubo

Melejitnya karier Pino turut memakan korban. Ia menggeser posisi Takefusa Kubo yang digadang-gadang sebagai penerus Lionel Messi.

Villarreal memang meminjam Kubo dari Real Madrid pada musim panas 2020. Pemain berkebangsaan Jepang itu diharapkan bisa menjadi andalan di lini depan.

Unai Emery kerap menggunakan Kubo sebagai supersub. Pino kemudian mengambil tugas tersebut.

Sadar posisinya kian sulit, Kubo memilih mengakhiri masa peminjamannya lebih cepat. Ia pindah ke Getafe pada musim dingin yang otomatis melapangkan jalan Pino untuk menjadi andalan Villarreal.


4. Masuk Daftar Nominasi Golden Boy 2021

Kualitas Pino kini juga mulai diakui dunia. Hal itu dibuktikan usai namanya masuk ke dalam daftar 20 besar nominasi Golden Boy 2021.

Golden Boy adalah salah satu penghargaan bergengsi untuk pemain muda. Nama-nama seperti Kylian Mbappe, Paul Pogba, hingga Mario Balotelli pernah memenangi gelar ini.