BolaSkor.com - Jurgen Klopp berencana pensiun dari dunia manajerial seusai kontraknya bersama Liverpool habis pada 2024 mendatang. Hal ini tentu membuat penggemar The Reds ketar-ketir klub pujaannya tak bisa menemukan suksesor yang tepat.

Harus diakui jasa Klopp untuk Liverpool sangatlah besar. Ia sukses mengembalikan kejayaan Merseyside Merah yang telah lama hilang.

Keberhasilan menjuarai Premier League 2019-2020 menjadi salah satu buktinya. Seperti diketahui, trofi ini sudah begitu lama dirindukan oleh fans Liverpool.

Klopp juga mampu mempersembahkan trofi Liga Champions keenam untuk Liverpool. Hal ini membuat klub asal kota pelabuhan itu kembali disegani di Eropa.

Baca Juga:

Jurgen Klopp Ungkap Waktu yang Tepat Tinggalkan Liverpool

Nostalgia - Ketika Bill Shankly Putuskan Sudah Saatnya Berhenti Setelah 15 Tahun Besarkan Liverpool

5 Pemain Pinjaman yang Layak Dapat Kesempatan Bermain di Klub Induk Mereka pada Musim 2019-20

Apalagi Liverpool meraih dua trofi bergengsi tersebut dengan permainan yang mengesankan. Filosofi gegenpressing khas Klopp sudah sangat mendarah daging dalam permainan Jordan Henderson dan kawan-kawan.

Namun besarnya pengaruh Klopp ini bisa berdampak negatif bagi Liverpool di kemudian hari. Terutama ketika sang manajer pergi atau pensiun.

Jika tidak menunjuk pengganti yang tepat, performa Liverpool bisa terjun bebas. Tak jarang dibutuhkan waktu lama untuk bangkit.

Liverpool tentu bisa berkaca dari situasi yang dialami Manchester United dan Arsenal. Setelah Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger pensiun, prestasi kedua klub tersebut langsung terjun bebas.

Maka dari itu dibutuhkan berbagai pertimbangan matang sebelum memilih pengganti Klopp. Dengan waktu yang relatif masih lama, manajemen Liverpool tentu bisa memikirkan hal tersebut sejak sekarang.

Berikut ini empat kandidat manajer yang bisa dipertimbangkan Liverpool untuk menjadi suksesor Klopp:

1. Steven Gerrard

Steven Gerrard tentu menjadi kandidat terkuat untuk menjadi suksesor Klopp. Selain berstatus mantan kapten, Ia juga telah memulai karier manajerialnya dengan menangani Glasgow Rangers.

Gerrard mulai menangani Rangers sejak musim panas 2018. Meski belum mempersembahkan trofi, ia dianggap mampu menyuguhkan penampilan yang baik bersama salah satu klub raksasa Skotlandia tersebut.

Selain itu, Gerrard juga mendapat restu langsung dari Klopp untuk menggantikannya. Hal ini tentu juga akan menjadi bahan pertimbangan petinggi Liverpool.

Apalagi, fenomena mantan pemain menjadi manajer timnya dahulu tengah menjadi tren di Inggris. Hal ini telah dilakukan oleh Manchester United, Arsenal, dan Chelsea.


2. Julian Nagelsmann

Pria yang kini berusia 32 tahun itu juga patut dipertimbangkan menjadi suksesor Klopp. Selain masih muda, Julian Nagelsmann juga sama-sama berasal dari Jerman.

Nagelsmann kini tengah menangani RB Leipzig. Musim ini ia mampu membawa tim asuhannya finis tiga besar di Bundesliga dan melaju ke babak perempat final Liga Champions.

Hebatnya, hal itu ia lakukan dengan dengan materi pemain yang tak terlalu mentereng. Bisa dibayangkan apa yang bisa Negelsmann lakukan jika diberi skuat yang lebih mewah.

Liverpool tentu harus bergerak cepat jika ingin menjadikan Nagelsmann sebagai suksesor Klopp. Klub-klub besar Eropa lain juga tertarik kepadanya.


3. Erik ten Hag

Erik tenn Hag juga layak dipertimbangkan petinggi Liverpool. Sosok berusia 50 tahun itu terbukti mampu menyulap Ajax Amsterdam menjadi salah satu kuda hitam paling menakutkan di Eropa.

Ten Hag bersama Ajax mengejutkan dunia dengan menembus semifinal Liga Champions musim lalu. Mereka juga mampu menaklukkan dua raksasa Eropa, Real Madrid dan Juventus.

Padahal materi pemain yang dimiliki Ajax jauh dari kata mewah. Ia mengombinasikan pemain yang meredup seperti Dusan Tadic dan Daley Blind dengan para darah muda jebolan akademi seperti Frenkie De Jong dan Matthijs de Ligt.

Filosofi permainan yang diusung Ten Hag juga mirip dengan Klopp yaitu melakukan pressing tinggi. Hal itu tentu akan memudahkan proses adaptasi skuat Liverpool.


4. Xabi Alonso

Xabi Alonson bisa dibilang merupakan pilihan yang paling beresiko. Namun bukan tidak mungkin ia justru menjadi sosok yang tepat untuk menjadi pengganti Klopp.

Alonso kini tengah menangani Real Sociedad B. Ia digadang-gadang mengikuti jejak Pep Guardiola sebagai juru taktik handal.

Sebagai mantan gelandang, Alonso tentu memiliki filosofi permainannya sendiri. Apalagi ia memiliki banyak ilmu karena pernah bermain di bawah asuhan pelatih-pelatih kelas dunia seperti Guardiola, Jose Mourinho, hingga Rafael Benitez.

Selain itu, rekam jejak Alonso yang pernah menjadi rekan duet Gerrard di lini tengah Liverpool juga patut dipertimbangkan. Ia tentu sudah tahu luar dalam tentang klub ini.