BolaSkor.com - Arsenal menatap positif musim 2022-2023 setelah musim lalu gagal finis di zona Liga Champions (empat besar Premier League). Pergerakan mereka dimulai pada bursa transfer musim panas 2022.

Tiga pemain sudah resmi direkrut yakni Matt Turner, Marquinhos, dan Fabio Vieira. Sementara satu nama lagi semakin dekat dikenalkan sebagai pemain baru yakni striker asal Brasil, Gabriel Jesus.

Manchester City sudah sepakat pada harga 45 juta poundsterling yang diberikan Arsenal, plus sang pemain juga bersedia gabung Arsenal. Klub juga masih mengincar beberapa pemain seperti Lisandro Martinez dan Raphinha.

Selain pemain-pemain yang datang ada juga hal baru di Arsenal dengan perpanjangan kontrak Eddie Nketiah. Produk akademi Arsenal berusia 23 tahun dikontrak hingga 2027 dan salah satu yang menarik perhatian adalah nomor punggungnya.

Baca Juga:

Ketimbang Arteta, Arsenal Akan Lebih Baik jika Dilatih Conte atau Pochettino

Tak Mau Lisandro Martinez ke Manchester United, Arsenal Ajukan Penawaran Kedua

Potensi Taktik Arsenal untuk Musim 2022-2023

Nketiah mengenakan nomor punggung 14 dan menimbulkan perdebatan mengenai kelayakannya mengenai nomor tersebut. Nomor 14 memang bukan sembarang nomor di Arsenal.

Nomor itu pernah dikenalan David O'Leary, Ray Parlour, Alan Smith, dan nama lainnya. Kelayakannya mengenakan nomor punggung itu masih jadi misteri dan hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Berikut pengguna nomor punggung 14 Arsenal sebelum Eddie Nketiah dan performa mereka saat bermain di klub:

1. Martin Keown

Saat ini aktif di layar kaca televisi sebagai pandit sepak bola. Martin Keown adalah legenda Arsenal yang dahulu berposisi sebagai bek tengah. Keown membela Arsenal pada medio 1993 hingga 2004.

Keown mendobrak tradisi pengguna nomor punggung 14 haruslah seorang striker. Dia mengenakan nomor itu selama enam tahun dari 1993 hingga 1999. Keown bagian dalam skuad Arsenal ketika memenangi Premier League pada 1998, 2002, dan 2004.

Keown terkenal sebagai ketangguhannya sebagai bek tengah dan kemudian ia mewarisi nomor lima milik Steve Bould, bek tengah Arsenal lainnya.

2. Thierry Henry

Tak perlu mempertanyakan nama yang satu ini. Thierry Henry salah satu legenda terbaik Arsenal yang pernah mengenakan nomor punggung 14. Pria asal Prancis mengenakannya pada medio 1999 hingga 2007.

Henry terkenal saat masih aktif bermain sebagai penyerang jenius. Tidak hanya punya kualitas teknik dan kemampuan mencetak gol, Henry juga bisa menciptakan peluang. Uniknya, Henry tak pernah ingin mengenakan nomor punggung 14.

"Saya kembali (dipinjamkan tahun 2012) dengan nomor 12, itu nomor saya sebenarnya," kata Henry kepada mantan rekan setimnya Cesc Fabregas pada tahun 2020, seperti dilansir Metro.

"14 bukan nomor saya. Saya mengambil nomor 14 di Arsenal karena Christopher Wreh memiliki nomor 12, jadi saya tidak ingin melepasnya."

"Itulah alasannya, saya tidak ingin melepasnya. Itu sebabnya ketika saya kembali, nomor 12 karena Marco van Basten di Piala Eropa 1988."

3. Theo Walcott

Talenta yang tidak sepenuhnya berkembang maksimal. Theo Walcott bermain untuk Arsenal pada medio 2006-2018 pasca ditransfer dari Southampton. Walcott mengenakan nomor punggung 14 selama 10 tahun (2008-2018).

Performanya naik turun selama ia membela Arsenal dan posisi bermainnya adalah penyerang sayap - tapi Arsene Wenger pernah menempatkannya sebagai penyerang tengah. Walcott tidak cukup berhasil dengan nomor punggung tersebut.

4. Pierre-Emerick Aubameyang (2018-2022)

Ketika nomor 14 sudah identik dengan Aubameyang saat ia pindah ke Arsenal dari Borussia Dortmund pada 2018, nomor itu sedianya bukan pilihan utama Aubameyang.

“Saya suka dua angka, sembilan dan tujuh,” kata Aubameyang kepada Arsenal TV pada 2020. “Tetapi (Alexandre Lacazette) memiliki sembilan dan Miki (Henrikh Mkhitaryan) memiliki tujuh."

"Saya bertanya kepada Miki sebelum saya datang, 'Apakah Anda akan mengambil nomor 7?' dan dia menjawab ya jadi saya berkata, 'Oke, saya akan mencoba yang lain'."

Kepergian Aubameyang ke Barcelona pada Januari 2022 tidak terjadi baik, tapi Aubameyang tetap salah satu striker top di Eropa dalam performa terbaiknya. Nomor 14 itu pun diwariskan kepada Nketiah.