4 Perbedaan Sextuple Bayern Munchen dan Barcelona

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 12 Februari 2021
4 Perbedaan Sextuple Bayern Munchen dan Barcelona

BolaSkor.com - Bayern Munchen sukses mewujudkan ambisi untuk menjuarai Piala Dunia Antarklub 2020. Die Roten juga berhasil menyamai sebuah rekor langka.

Bayern Munchen menaklukkan Tigres UANL dengan skor 1-0 di Education Stadium, Qatar, Jumat (12/2) dini hari WIB. Gol tunggal kemenangan wakil Jerman tersebut dicetak oleh Benjamin Pavard.

Munchen menjadi klub kedua setelah Barcelona yang mampu meraih enam gelar sekaligus alias sextuple. Barcelona melakukannya pada 2009.

Baca Juga:

Piala Dunia Antarklub 2020: Bayern Munchen Juara dan Samai Rekor Barcelona

5 Fakta Menarik Bayern Munchen Juara Piala Dunia Antarklub 2020

5 Finalis Kejutan di Piala Dunia Antarklub

Raihan bersejarah Bayern mendapat sambutan dari Pep Guardiola, pelatih yang membawa Barcelona meraih sextuple. Guardiola juga seperti diketahui adalah mantan arsitek Bayern.

“Selamat untuk semua keluarga Bayern atas kesuksesan luar biasa ini, menjadi juara Piala Dunia Antarklub dan khususnya untuk memenangkan enam gelar. Saya sangat bangga terutama kepada Hansi Flick, para pemain dan staf ruang belakang untuk hal yang luar biasa ini," kata Guardiola lewat tayangan video di Twitter.

“Namun saya ingin mengatakan kepada Hansi bahwa Anda adalah tim kedua yang memenangkan enam gelar berturut-turut! Sebelum Anda, ada tim lain yaitu Barcelona."

Menarik untuk membandingkan antara dua klub yang sukses mengukir catatan emas dalam sejarah. Lalu, apa perbedaan antara Bayern dan Barcelona? Berikut empat perbedaaan kedua klub seperti yang dimuat media Spanyol Marca.


1. Kompetisi Domestik

Tentu saja satu dari enam gelar yang dikoleksi kedua klub adalah juara liga dan piala domestik. Barcelona menjadi juara dengan perolehan 87 angka, unggul sembilan poin dari pesaing terdekat mereka, Real Madrid.

Saat itu Barca meraih 27 kemenangan, enam kali imbang dan kalah lima kali dengan mencetak 105 gol dan kebobolan 34 gol.

Sementara Bayern menjadi kampiun Bundesliga dengan raihan 82 angka, unggul 13 angka dari Borussia Dortmund yang berada di posisi kedua. Bayern memperoleh angka lebih sedikit daripada Barcelona.

Bayern menjadi juara setelah sempat tergopoh-gopoh di awal musim yang berujung pada pemecatan pelatih Niko Kovac yang digantikan Hansi Flick. Di tangan Flick, Bayern mengumpulkan 19 dari 20 laga tersisa, dengan cuma sekali kalah.

Barcelona memenangkan tujuh laga dan seri dua kali saat memenangi Copa del Rey. Messi dan kawan-kawan mencetak 15 gol dan kebobolan 8 gol.

Sedangkan Munchen menyapu bersih enam pertandingan dalam perjalanannya merebut Piala Jerman. Bayern mengoleksi 16 gol dan hanya kebobolan delapan.


2. Liga Champions

Kiprah Barcelona di Liga Champions 2008-09 dianggap lebih sulit. Mereka harus memulai dari babak kualifikasi, pasalnya pada musim sebelumnya hanya ada di posisi ketiga klasemen LaLiga.

Perjalanan Barcelona tidak bisa dibilang mulus. Mereka sempat ditahan imbang FC Basel pada babak penyisihan dan kalah dari Shakhtar Donetsk pada laga terakhir Grup C.

Pada babak 16 besar, Barca juga sempat ditahan Olympique Lyon dan imbang dengan Munchen pada laga kedua babak perempat final. Barcelona lolos ke final dengan dua kali bermain imbang dengan Chelsea pada semifinal. Mereka lolos dengan unggul gol tandang berkat gol Andres Iniesta di Stamford Bridge.

Pada partai final, mereka mengalahkan Manchester United 2-0.

Perjalanan Bayern Munchen di Liga Champions musim lalu sangat meyakinkan, bisa dikatakan sempurna. Mereka menyapu bersih 11 laga dengan kemenangan, termasuk menyingkirkan Barcelona dengan agregat 8-2 pada laga perempat final.

Dominasi Bayern di Liga Champions musim lalu bisa dilihat dari catatan nyaris selalu mencetak lebih dari satu gol di tiap laga. Satu-satunya laga mereka hanya mencetak satu gol adalah laga final kontra PSG.


3. Piala Super

Di ajang Piala Super Spanyol, Barcelona berhasil mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor 5-2 dalam dua laga sementara Munchen meraih trofi Piala Super Jerman dengan kemenangan 3-2 atas Borussia Dortmund.

Di ajang Piala Super Eropa kedua tim harus menjalani babak tambahan waktu. Barcelona keluar sebagai pemenang setelah Pedro mencetak satu-satunya gol ke gawang Shakhtar Donetsk. Di kubu Bayern Javier Martinez menjadi pahlawan saat mengalahkan Sevilla 2-1.


4. Piala Dunia Antarklub

Bayern Munchen dan Barcelona sama-sama menang tipis 1-0 pada partai final. Namun Barcelona membutuhkan babak tambahan untuk menumbangkan Estudiantes de La Plata sementara Bayern Munchen bermain dalam waktu normal untuk mengalahkan Tigres UANL.

Total, Barcelona mencatat 46 kemenangan, 13 kali imbang, dan enam kekalahan untuk meraih enam gelar pada musim 2008-09, dengan mencetak 163 gol dan kebobolan 59 gol.

Sedangkan Bayern Munchen meraih 47 kemenangan, empat kali imbang, dan empat kekalahan, dengan mencetak 167 gol dan kebobolan 51 gol.

Bayern munchen Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan