BolaSkor.com - Putaran final Piala Dunia 2022 akan digelar sekitar dua bulan lagi. Namun sejumlah bintang Premier League terancam absen karena tak dipanggil negara masing-masing.

Piala Dunia 2022 rencananya berlangsung di Qatar pada 22 November hingga 18 Desember mendatang. Sebanyak 32 negara sudah mengamankan tempat untuk berpartisipasi di ajang ini.

Banyak pemain bintang dari berbagai negara peserta Piala Dunia 2022 mengadu nasib di Premier League. Mereka biasanya juga menjadi tumpuan Timnas masing-masing.

Baca Juga:

Liverpool Angin-anginan, Piala Dunia 2022 Diduga Jadi Penyebabnya

Profil Stadion Piala Dunia 2022: Stadium 974, Venue Terunik di Tepi Pantai

Dorong Kesembuhan Romelu Lukaku, Timnas Belgia Tak Mau Salah Langkah

Namun sejumlah bintang Premier League lain juga ada yang tidak seberuntung itu. Mereka masih harus berjuang keras untuk menerima panggilan Timnas.

BolaSkor.com setidaknya telah merangkum lima bintang Premier League yang terancam tak dibawa negaranya ke Piala Dunia 2022. Berikut ini rinciannya:

1. David De Gea

De Gea boleh saja menyandang status kiper utama Manchester United. Namun nasib berbanding terbalik dialaminya bersama Timnas Spanyol.

Tak hanya menyegel status kiper utama, De Gea kesulitan untuk mengisi tiga slot penjaga gawang Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022. Luis Enrique cenderung lebih suka mengandalkan Unai Simon, Robert Sanchez, dan David Raya.

Karakter bermain De Gea diyakini menjadi pertimbangan utama Enrique mulai melupakannya. Sang juru taktik memang menginginkan kiper yang piawai menggunakan kakinya untuk memulai serangan dari bawah.

De Gea terbukti sebagai kiper yang ahli melakukan penyelamatan gemilang. Namun ia dianggap tidak memiliki komponen untuk menjadi penjaga gawang modern yang diinginkan Enrique.


2. Thiago Alcantara

Thiago Alcantara secara mengejutkan tak dipanggil Timnas Spanyol untuk melakoni lanjutan UEFA Nations League, akhir bulan ini. Padahal gelandang berusia 31 tahun itu telah pulih dari cedera.

Thiago sendiri tercatat sudah tak dipanggil ke Timnas Spanyol lagi usai gelaran Piala Eropa 2020. Enrique lebih suka mencoba gelandang muda yang masih bertenaga.

Sama seperti De Gea, peluang Thiago untuk dibawa ke Qatar relatif kecil. Namun keputusan final belum diambil Enrique.


3. Jadon Sancho

Jadon Sancho menunjukkan performa mengesankan sejak musim 2022-2023 dimulai. Namun hal itu belum cukup untuk meyakinkan Gareth Southgate selaku pelatih Timnas Inggris untuk memanggilnya kembali.

Sancho sudah tak dipanggil Timnas Inggris usai final Piala Eropa 2020. Saat itu dirinya menuai banyak kritik karena gagal mengeksekusi penalti yang berujung kekalahan dari Italia.

Peluang Sancho untuk tampil di Qatar sebenarnya masih terbuka. Apalagi sejumlah pesaingnya di posisi winger tengah menurun.

Namun keputusan akhir akan dibuat Southgate. Sang pelatih sejauh ini masih memberi kepercayaan kepada muka-muka lama yang sudah diandalkannya meski performanya tengah menurun.


4. Gabriel Jesus

Gabriel Jesus menegaskan reputasinya sebagai ujung tombak papan atas sejak pindah ke Arsenal pada musim panas lalu. Torehan empat gol dan tiga assist membantu The Gunners memuncaki klasemen sementara Premier League 2022-2023.

Sayangnya Jesus tidak dipanggil ke Timnas Brasil untuk melakoni dua laga uji coba terakhir sebelum Piala Dunia, akhir bulan ini. Tite selaku pelatih lebih memilih mengandalkan Roberto Firmino dan Richarlison yang torehan golnya lebih sedikit.


5. Ben White

Satu bintang Arsenal lain yang diabaikan adalah Ben White. Performa apik pemain berusia 24 tahun itu sejak awal musim ini belum membuatnya dipanggil ke Timnas Inggris.

Southgate lebih memilih memanggil Harry Maguire, Luke Shaw, hingga Ben Chilwell ketimbang White untuk melakoni lanjutan UEFA Nations League. Padahal mereka sepanjang musim ini lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan.

Kemampuan White bermain dengan sama baiknya sebagai bek tengah dan bek sayap tampaknya juga tidak terlalu disorot Southgate. Jangan kaget jika dirinya tak dibawa ke Qatar.