5 Duel Inggris Vs Jerman yang Layak Dikenang

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 28 Juni 2021
5 Duel Inggris Vs Jerman yang Layak Dikenang
Duel Inggris kontra Jerman di semifinal Piala Eropa 1996. (UEFA)

BolaSkor.com - Duel akbar akan tersaji pada babak 16 besar Piala Eropa 2020 saat Inggris menantang Jerman di Stadion Wembley, Selasa (29/6) pukul 23.00 WIB. Kedua tim memang memiliki rivalitas yang panjang.

Inggris dan Jerman (dulu Jerman Barat) sudah sering bertemu sejak tahun 1930. Namun persaingan keduanya benar-benar memanas pada final Piala Dunia 1966.

Sejak saat itu, Inggris dan Jerman menjadi dua musuh bebuyutan yang saling membenci. Pertemuan kedua tim hampir selalu ditandai dengan duel keras dan kontroversi.

Baca Juga:

Inggris Vs Jerman: Momen Penebusan Dosa dan Trauma Gareth Southgate

Prediksi Matthaus dan Shearer soal Laga Inggris Vs Jerman

Inggris Siap Kalahkan Jerman, Termasuk Lewat Adu Penalti

Meski begitu, prestasi kedua tim sangat bertolak belakang. Jerman dianggap bukan lawan yang sebanding dengan Inggris karena memiliki jumlah trofi yang lebih banyak.

Jerman tercatat sudah empat kali mengangkat trofi Piala Dunia. Sementara di ajang Piala Eropa, mereka sudah memiliki tiga piala.

Hal itu berbanding terbalik dengan Inggris. Negara yang mengklaim sebagai penemu sepak bola itu baru sekali menjuarai Piala Dunia dan masih berusaha merebut gelar perdana Piala Eropa.

Meski begitu, laga-laga yang mempertemukan Jerman dan Inggris kerap berlangsung sengit nan dramatis sehingga layak dikenang. Lima pertandingan di bawah ini menjadi contohnya:

1. Inggris 4-2 Jerman Barat (Final Piala Dunia 1966)

Timnas Inggris menorehkan sejarah manis pada Piala Dunia 1066. The Three Lions mampu menyempurnakan status tuan rumah dengan gelar juara di akhir turnamen.

Kesuksesan tersebut serasa kian lengkap setelah Inggris mengalahkan Jerman Barat pada laga final. Kedua negara memang memiliki rivalitas yang sengit.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Wembley, Inggris mampu mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2. Kemenangan itu diraih lewat duel sengit selama 120 menit.

Jerman Barat unggul lebih dulu pada menit kesebelas lewat aksi Helmut Haller. Inggris kemudian membalikkan kedudukan melalui gol Geoff Hurst (19') dan Martin Peters (78').

Kemenangan Inggris yang sudah di depan mata buyar begitu saja setelah Wolfgang Weber membawa Jerman menyamakan kedudukan di penghujung laga. Pertandingan pun terpaksa dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Pada momen inilah Inggris menunjukkan keperkasaannya. Dua gol mampu dilesakkan tim asuhan Alf Ramsey pada tiap babak perpanjangan waktu.

Hurst memborong dua gol tersebut untuk menorehkan sebuah hat-trick. Namun gol keduanya menimbulkan kontroversi karena bola dianggap banyak pihak belum melewati garis gawang setelah membentur mistar dan memantul ke tanah.


2. Jerman Barat 3-2 Inggris (Perempat final Piala Dunia 1970)

Empat tahun berselang, Jerman Barat dan Inggris kembali bertemu di Piala Dunia Meksiko 1970. Kali ini fase perempat final menjadi panggungnya.

Dalam pertemuan ini, Jerman Barat sukses membalas dendam. Mereka mampu mengalahkan Inggris dengan skor 3-2.

Kedua tim kembali harus melakoni babak perpanjangan waktu untuk menentukan pemenangnya. Seperti deja vu, Jerman Barat dan Inggris juga bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Inggris unggul dua gol lebih dulu melalui Alan Mullery (32') dan Martin Peters (50'). Namun Jerman Barat mampu membalas lewat sumbangan gol Franz Beckenbauer (69') dan Uwe Seeler (50').

Memasuki perpanjangan waktu, Inggris kehilangan taji. Digantinya Bobby Charlton sebelum Jerman Barat menyamakan kedudukan menjadi penyebab utama.

Kondisi itu dimanfaatkan Jerman Barat dengan maksimal. Gerd Muller mencetak gol kemenangan Der Panzer pada menit ke-108 untuk melaju ke semifinal.


3. Jerman Barat 1(4)-(3)1 Inggris (Semifinal Piala Dunia 1990)

Jerman Barat bertemu Inggris pada semifinal Piala Dunia 1990. Ini menjadi salah satu duel seru yang melibatkan kedua tim.

Saat itu Jerman Barat diperkuat banyak pemain bintang. Nama-nama seperti Rudi Voller, jurgen Klinsmann, Lothar Matthaus, hingga Andreas Brehme tentu sudah tidak asing di telinga pecinta sepak bola.

Namun skuat Inggris juga tak kalah menyereng. Paul Gascoigne, Gary Lineker, David Platt hingga Peter Shilton memiliki kualitas kualitas dunia.

Laga kedua tim harus ditentukan lewat adu penalti. Itu setelah Inggris dan Jerman Barat bermain imbang 1-1 hingga babak perpanjangan waktu berakhir.

Pada adu tos-tosan, Jerman memiliki mental yang lebih baik. Empat eksekutor penalti mereka mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Sementara hanya tiga algojo penalti Inggris yang mampu mencetak gol. Skor 4-3 untuk kemenangan Jerman Barat menutup pertandingan ini.


4. Inggris 1(5)-(6)1 Jerman (Semifinal Piala Eropa 1996)

Setelah 30 tahun, Inggris kembali bertemu Jerman di Stadion Wembley dalam sebuah laga prestisius, yaitu semifinal Piala Eropa 1996. Negeri Ratu Elizabeth itu memang kembali bertindak sebagai tuan rumah.

Memori kejayaan tahun 1966 membuat Inggris percaya diri menatap pertandingan ini. Namun Jerman lagi-lagi menunjukkan kekuatan mental yang luar biasa.

Tampil di bawah tekanan tuan rumah, Jerman mampu menahan imbang Inggris dengan skor 1-1. Gol cepat Alan Shearer dibalas Stefan Kuntz dan memaksa laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Namun tidak ada keajaiban seperti gol hantu Geoff Hurst pada babak perpanjangan waktu ini. Pertandingan terpaksa dilanjutkan ke adu penalti.

Memori kegagalan di Piala Dunia 1990 tampak membebani skuat Inggris. Bisa ditebak, Jerman kembali tampil sebagai pemenang dengan skor 6-5.

Enam eksekutor penalti Jerman sukses menjalankan tugasnya. Sementara Gareth Southgate menjadi pesakitan di kubu Inggris.


5. Jerman 4-1 Inggris (16 Besar Piala Dunia 2010)

Berbeda dengan duel-duel sebelumnya, laga Jerman kontra Inggris pada babak 16 besar Piala Dunia 2010 berakhir dalam waktu normal. Namun pertandingan ini tetap diwarnai kontroversi.

Jerman secara luar biasa mampu mengalahkan Inggris dengan skor telak 4-1. Gol-gol Miroslav Klose, Lukas Podolski, dan Thomas Muller (dua kali) hanya mampu dibalas sekali oleh Matthew Upson.

Namun hasil pertandingan bisa saja berbeda andai bola sepakan Frank Lampard yang telah melewati garis gawang disahkan wasit. Momen itu terjadi pada menit ke-39 saat skor masih 2-1.

Keputusan wasit yang tak mengesahkan gol Lampard mengganggu fokus skuat Inggris. Tak heran jika kemudian Jerman mampu menghancurkan mereka lewat dua gol tambahan di sisa laga.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Timnas Inggris Timnas Jerman Piala Eropa 2020 Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan