5 Fakta Estadio da Luz, Arena Duel PSG Vs Bayern Munchen di Final Liga Champions 2019-2020

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 23 Agustus 2020
5 Fakta Estadio da Luz, Arena Duel PSG Vs Bayern Munchen di Final Liga Champions 2019-2020
Estadio da Luz (uefa)

BolaSkor.com - Duel pemungkas Liga Champions 2019-20 akan digelar di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Senin (24/8) dini hari WIB. Arena yang bernama resmi Estadio do Sport Lisboa e Benfica akan menjadi saksi siapa yang bakal membawa pulang trofi "kuping besar", Paris Saint-Germain (PSG) atau Bayern Munchen.

Sejatinya laga final Liga Champions musim ini bukan dihelat di Estadio da Luz. Partai puncak dijadwalkan berlangsung pada 30 Mei di Stadion Ataturk, Istanbul, Turki.

Namun pandemi COVID-19 mengubah semua rencana. Pandemi virus corona yang mengguncang dunia sejak awal tahun membuat seluruh kompetisi olahraga, termasuk sepak bola, di berbagai belahan dunia dihentikan sementara pada Maret 2020. Liga Champions dan Liga Europa menjadi yang turut terimbas dan tertunda.

Baca Juga:

Rincian Hadiah Uang yang Diraih Bayern Munchen dan PSG jika Juara Liga Champions

PSG Punya Senjata Rahasia untuk Redam Kekuatan Bayern Munchen

Hadapi PSG di Final, Pelatih Bayern Munchen Enggan Ubah Filosofi Permainan

Format Liga Champions akhirnya diubah. Babak 16 besar tetap dilanjutkan seperti format biasanya. Namun, sejak perempat final digunakan format mini-turnamen, dengan perempat final dan semifinal hanya digelar sekali, tanpa tandang dan tandang.

Laga perempat final hingga final Liga Champions juga dipusatkan di satu kota, Lisbon, Portugal dan untuk laga puncak Estadio da Luz, yang juga merupakan kandang Benfica, menjadi pilihan UEFA.

Berikut 5 fakta menarik Estadio da Luz.

1. Estadio da Luz pernah menggelar final Liga Champions pada 2014. Stadion ini menjadi saksi saat Real Madrid meraih trofi kesepulun alias La Decima. Pada laga final Madrid mengalahkan Atletico Madrid, 4-1.

2. Stadion ini dibangun dengan total biaya 162 juta euro atau sekitar Rp2,8 triliun, ketika Portugal menjadi tuan rumah Piala Eropa 2004. Estadio da Luz menjadi salah satu venue pertandingan, termasuk menggelar final.

3. Estadio da Luz dijuluki A Cathedral. Adapun Luz kata dalam bahasa Portugal yang bisa diartikan sebagai cahaya. Namun, untuk stadion ini Luz mengaju pada alamat asli stadion tersebut, yaitu Estrada da Luz.

4. Estadio da Luz meninggalkan memori buruk bagi Portugal. Pasalnya di sinilah Portugal gagal menjadi juara Piala Eropa 2014. Tampil di depan publik sendiri, Portugal kalah 0-1 di tangan Yunani pada laga final.

5. Pada 2014 Estadio da Luz terpilih sebagai stadion paling indah di Eropa berdasarkan polling yang dilakukan oleh media asal Prancis L'Equipe.

Liga Champions Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan