5 Gelandang Terbaik Piala Dunia 2022

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 21 Desember 2022
5 Gelandang Terbaik Piala Dunia 2022
Antoine Griezmann dan Sofyan Amrabat (Twitter)

BolaSkor.com - Sejumlah pemain tampil memikat di Piala Dunia 2022. Beberapa di antaranya berposisi sebagai gelandang.

Piala Dunia 2022 diklaim sebagai yang terbaik oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino. Hal itu mengacu banyaknya duel-duel sengit yang tersaji sepanjang turnamen.

Tim-tim asal Eropa dan Amerika Selatan tak bisa lagi mengalahkan wakil benua lainnya dengan mudah. Argentina yang tampil sebagai juara bahkan sempat dikalahkan Arab Saudi pada laga pembuka.

Baca Juga:

Tiba di Argentina, Lionel Messi Cs Disambut Lautan Manusia

Rayakan Gelar, Emiliano Martinez Gendong Boneka Bayi Berwajah Kylian Mbappe

Tidak ke Final Piala Dunia 2022, Timnas Maroko Tetap Juara di Hati Rakyat

Kondisi yang sama juga berlaku untuk pemain. Nama besar bukan jaminan untuk bersinar di turnamen ini.

Sejumlah gelandang yang kurang terkenal mampu tampil menonjol untuk membawa negaranya melaju jauh. Tak heran beberapa di antaranya mulai dikaitkan dengan sejumlah klub besar.

Berikut ini daftar lima gelandang terbaik di Piala Dunia 2022:

Sofyan Amrabat

Sofyan Amrabat menjadi salah satu alasan Maroko mampu melaju hingga semifinal. Gelandang milik Fiorentina itu tampil solid dalam melindungi wilayahnya.

Berperan sebagai gelandang bertahan, Amrabat memiliki daya jelajah yang tinggi. Ia dibekali postur tubuh dan kondisi fisik yang prima.

Salah satu aksi terbaiknya tersaji pada laga semifinal. Ia mampu menghentikan manuver Kylian Mbappe yang sempat berlari lebih cepat darinya.

Tak heran jika klub seperti Liverpool bernafsu memboyongnya. Bukan tidak mungkin transfer ini akan terjadi pada Januari nanti.


Luka Modric

Luka Modric memang sudah berusia 37 tahun. Namun perannya bagi Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022 masih tak tergantikan.

Modric selalu tampil sebagai starter di semua laga Piala Dunia 2022. Sayang, ia gagal mengulangi pencapaian edisi sebelumnya usai Kroasia takluk di semifinal.

Salah satu statistik paling menonjol Modric adalah kemampuannya melakukan operan ke depan dengan jumlah 61 kali. Tidak ada pemain lain yang mampu melewati angka tersebut.


Aurelien Tchouameni

Aurelien Tchouameni sempat diragukan mampu mengawal lini tengah Prancis di Piala Dunia 2022. Hal itu tak lepas dari usianya yang baru menginjak 22 tahun.

Apalagi Tchouameni menggantikan peran N'Golo Kante yang menjadi salah satu kunci kesuksesan Prancis menjuarai Piala Dunia 2018. Namun pemain Real Madrid itu nyatanya menjawab tantangan tersebut dengan nyaris sempurna.

Sebagai seorang gelandang bertahan, Tchouameni punya keunggulan dalam membaca permainan. Kemampuan bertahannya juga tak perlu diragukan.

Hal itu belum ditambah dengan kualitas operannya yang mencapai 90,4 persen. Ia benar-benar membuat lini serang tenang dalam menggempur pertahanan lawan.


Enzo Fernandez

Enzo Fernandez sejatinya bukan gelandang utama Timnas Argentina saat memulai Piala Dunia 2022. Ia hanya tampil sebagai pengganti pada dua laga awal.

Namun satu gol yang dicetak ke gawang Meksiko mengubah peruntungannya. Perannya menjadi nyaris tak tergantikan mulai laga terakhir fase grup hingga final.

Tak heran jika trofi pemain muda terbaik berhasil diraihnya. Fernandez berperan penting membuat lini pertahanan Argentina menjadi lebih solid.

Antoine Griezmann

Antoine Griezmann layak menyandang status sebagai gelandang paling bersinar di Piala Dunia 2022. Ia merupakan otak serangan Timnas Prancis hingga berhasil melaju ke final.

Diberi tugas untuk bermain sebagai nomor 10, Griezmann seolah ada di setiap sudut lapangan. Ia menjadi pelayan untuk pemain depan dan tak ragu dalam membantu pertahanan.

Kontribusi Griezmann terlihat dari tiga assist sepanjang turnamen. Padahal peran ini relatif baru dijalaninya.

Sayang, Griezmann tak bisa berbuat banyak pada laga final. Para pemain Argentina tidak memberi ruang untuk menunjukkan kemampuannya.

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Antoine Griezmann Sofyan Amrabat Luka Modric Aurelien Tchouameni Enzo Fernandez Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan