BolaSkor.com - Penunjukkan Xavi Hernandez sebagai pelatih anyar Barcelona diyakini akan membuat banyak produk La Masia bersinar. Salah satunya adalah Diego Almeida.

Krisis finansial yang masih melanda Barcelona memang membuat Xavi tak bisa leluasa di bursa transfer. Ia akan kesulitan memboyong pemain buruan karena minimnya dana.

Xavi tentu harus putar otak untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya yaitu dengan memaksimalkan potensi produk akademi Barcelona.

Baca Juga:

Setelah Xavi dan Dani Alves, Messi dan Iniesta Bisa Comeback ke Barcelona

Balikan, Dani Alves Terima Barcelona Apa Adanya

Resmi, Dani Alves Pulang ke Barcelona

Xavi memang sudah mulai mengajak sejumlah nama dari akademi Barcelona untuk berlatih di tim utama. Almeida menjadi salah satu yang beruntung.

Almeida memang diproyeksikan menjadi bek tengah andalan Barcelona dalam beberapa musim mendatang. Ia dianggap sebagai pengganti sepadan untuk Gerard Pique.

Namun Barcelona harus hati-hati. Almeida juga menjadi incaran banyak klub besar Eropa.

BolaSkor.com telah merangkum fakta-fakta mejnarik mengenai Almeida. Berikut ini lima di antaranya:

1. Profil

Almeida merupakan pemuda kelahiran 12 Februari 2004. Ia lahir di Rubi, sebuah kota berpenduduk 76 ribu orang di provinsi Barcelona.

Ia masuk akademi Barcelona saat berusia delapan tahun. Almeida secara perlahan menunjukkan kualitasnya hingga dianggap sebagai salah satu pemain dengan prospek paling
cerah di angkatannya.

Pada awal musim 2018-2019, Almeida dipromosikan dari tim U-14 ke tim U-16 Barcelona. Ia melewati tim U-15 yang dianggap fase peralihan dari junior menuju senior.

Pada waktu yang bersamaan, Almeida juga sempat dilibatkan ke tim U-18. Hal ini membuktikan perkembangannya lebih cepat ketimbang pemain seusianya.

Saat ini Almeida bermain di Barcelona U-19. Namun ia sudah mendapat kesempatan berlatih bersama tim utama tanpa pernah tampil di Barcelona B.


2. Berdarah Ekuador

Almeida bukan asli berdarah Spanyol. Sang ayah merupakan imigran asal Ekuador.

Hal itu membuat Almeida sempat bermain untuk timnas U-15 Ekuador. Namun ia kini menjadi salah satu andalan di Timnas Spanyol U-18 dan sudah membukukan lima penampilan.

Almeida diyakini juga akan memilih tampil bersama Spanyol di level senior. Tampaknya hanya tinggal menunggu waktu dirinya dipanggil Luis Enrique.


3. Pengidola Puyol dan Pique

Sebagai produk akademi La Masia, Almeida mengidolai dua seniornya. Sosok yang dimaksud adalah Carles Puyol dan Gerard Pique.

Puyol dan Pique memang salah satu duet bek tengah terbaik yang pernah dimiliki Barcelona. Kombinasi keduanya sempat membuat Blaugrana mendominasi Spanyol dan Eropa.

Almeida sendiri punya postur tubuh dan gaya main yang mirip dengan Pique. Menariknya, ia juga bisa bermain sebagai seorang gelandang bertahan.


4. Diburu PSG

Almeida berpeluang mengikuti jejak Xavi Simmons yang pindah ke PSG.

Barcelona harus segera memberikan kontrak jangka panjang kepada Almeida. Sang pemain kini dalam bidikan Paris Saint-Germain (PSG).

PSG memang punya hobi membajak para talenta dari La Masia. Sebelumnya, mereka sempat sukses mendapatkan Xavi Simons dan Kays Ruiz-Atil.

Kontrak Almeida bersama Barcelona akan habis pada musim panas 2023. Kondisi tersebut membuat harganya bisa dengan mudah ditebus PSG.


5. Wonderkid FM 2021

Reputasi Almeida sebagai pemain muda berpotensi juga diakui dalam video game. Ia berstatus wonderkid dalam Football Manager 2021.

Tidak sembarang pemain mendapat label tersebut. Hal ini menjadi bukti kalau kualitas Almeida telah diakui.

Namun Almeida tak boleh berpuas diri. Banyak nama yang sempat menjadi wonderkid FM kemudian tenggelam begitu saja.