BolaSkor.com - Apapun dapat terjadi dalam dunia sepak bola. Pun demikian dengan peluang atau kans kembalinya pemain ke mantan klub setelah bertahun-tahun lamanya pergi. Itu terjadi pada 2021.

Cristiano Ronaldo misalnya. Megabintang asal Portugal sudah 12 tahun pergi dari Manchester United, bertualang di Real Madrid dan Juventus, dan di tahun ini kembali ke United pada usia 37 tahun. Ada juga Romelu Lukaku di Chelsea.

Di satu sisi berbeda Barcelona ditinggal ikon mereka dan salah satu pemain terbaik dunia di abad 21, Lionel Messi. Kontraknya berakhir dan Barca tak punya kekuatan finansial untuk mempertahankannya hingga ia pergi ke PSG.

Kepergian Messi menghebohkan sepak bola dunia dan mewarnai banyaknya masalah Barca musim ini di periode kedua Joan Laporta menangani tim. Dalam perjalanan musim 2021-2022 Ronald Koeman dipecat.

Baca Juga:

Xavi Datang, Barcelona Bidik Striker Muda RB Salzburg

Balikan, Dani Alves Terima Barcelona Apa Adanya

Paceklik Gol, Lionel Messi Nilai Ligue 1 Lebih Sulit ketimbang LaLiga

Dani Alves dan Xavi

Barca menunjuk legenda klub yang sudah lama merantau, Xavi, sebagai pelatih baru pasca sebelumnya membesut Al Sadd. Kepulangan produk La Masia ke Barcelona diikuti comeback bek kanan asal Brasil, Dani Alves.

Pemain berusia 38 tahun dikontrak hingga akhir musim dengan upah minimal di Barca. Alves kembali dengan segudang pengalaman serta kesuksesannya dari periode satu di Barcelona (2008-2016), plus ia pernah juga berkarier di Juventus, PSG, dan Sao Paulo.

Potensi Comeback Andres Iniesta dan Lionel Messi

Melihat comeback keduanya apapun bisa terjadi dalam dunia sepak bola. Oleh karena itu Joan Laporta tidak menutup kemungkinan comeback dua legenda Barca lainnya, Messi dan Andres Iniesta.

Potensi kembalinya kedua pemain itu ke Barca saat ini tidak besar khususnya Messi yang baru gabung PSG, tapi Iniesta (37 tahun) yang saat ini bermain di Vissel Kobe berpeluang kembali. Baik itu nantinya jadi pemain atau mengisi posisi direksi pasca pensiun.

Lionel Messi dan Andres Iniesta

“Saya tidak mengesampingkan apapun. Itu terjadi dengan Dani - usia (hanya) angka. Mereka (Messi dan Iniesta) adalah dua pemain hebat," tutur Laporta sebagaimana dilansir dari Goal.

"Saya tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi besok, mereka masih bermain dan dikontrak klub lain. Anda tidak pernah tahu apa yang terjadi dalam hidup."

Bak gayung bersambut, baik Messi dan Iniesta selalu terbuka untuk kans kembali mereka ke Camp Nou.

“Saya selalu mengatakan bahwa saya akan senang bisa membantu klub,” kata Messi kepada Sport beberapa waktu lalu.
“Jika ada kemungkinan, saya ingin berkontribusi lagi dalam apa yang saya bisa karena ini adalah klub yang saya cintai dan saya akan senang jika terus menjadi baik, terus berkembang dan terus menjadi salah satu yang terbaik di dunia."

“Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, saya akan senang dalam beberapa saat dalam hidup saya untuk kembali ke Barca. Saya tidak tahu dalam kapasitas apa," imbuh Iniesta.

"Untuk kembali ke Barca, ke rumah saya, untuk dapat terus membantu dalam satu atau lain cara, tetapi tidak ada yang tahu masa depan," pungkas dia.