BolaSkor.com - Ada begitu banyak laga derby sepak bola di dunia. Beberapa di antaranya terkenal karena rivalitas panas yang melibatkan fans, pemain kedua klub, hingga menjalar ke luar lapangan karena unsur politik (di laga-laga derby tertentu).

Di Italia ada Derby della Capitale yang terkenal antara dua tim Ibu Kota Italia, Lazio dan AS Roma. Kedua tim akan kembali bertemu dalam lanjutan laga Serie A 2020-2021 di Stadio Olimpico, Sabtu (16/01) pukul 02.45 dini hari WIB.

Dalam kondisi normal fans kedua kubu akan memadati Stadio Olimpico dan menghidupkan atmosfer derby. Akan tapi di tengah pandemi virus corona situasinya akan sangat berbeda - kehadiran suporter di stadion sangat dirindukan.

Baca Juga:

Nostalgia - Kematian Gabriele Sandri dan Momen Persatuan Ultras Italia

Nostalgia - Derby della Capitale, Ketika Selebrasi Gol Francesco Totti Menjadi Viral

Ketika Spalletti Memberikan Peran Semu kepada Francesco Totti dalam Formasi 4-2-3-0

Tapi derby tetaplah derby. Tak peduli di mana posisi kedua klub, performa mereka saat ini, selalu ada cerita dalam sebuah laga derby. Semisal momen ketika legenda Roma Francesco Totti melakukan selfie kepada fans atau gol bersejarah Paul Gascoigne ke gawang Roma.

Selain itu ada juga hal-hal yang mungkin tidak banyak diketahui dari Derby della Capitale. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya dari BolaSkor.com:

1. Francesco Totti Bukan Raja Gol Derby della Capitale

Francesco Totti

Legenda hidup Roma membukukan 11 gol di Derby della Capitale dalam kurun waktu membela klub dari 1992 hingga 2017. 11 golnya itu menjadikannya salah satu top skorer Derby della Capitale, tapi ia bukan satu-satunya.

Ada Dino da Costa yang juga mencetak 11 gol di Derby della Capitale dari total 71 gol untuk Roma pada medio 1950-an. Namun ada satu gol yang acapkali dilupakan kala Dino menjebol gawang Lazio dalam Trofeo Zenobi.

Itu sedianya laga 'persahabatan' di antara kedua klub untuk menghormati mendiang Presiden Lazio Remo Zenobi. Pada laga itu Dino mencetak gol dan membuatnya menorehkan 12 gol di Derby della Capitale.

2. Jaminan Hujan Kartu

Kartu merah di Derby della Capitale

Ini menjelaskan mengapa Derby della Capitale salah satu derby terpanas di dunia. Selalu ada hujan kartu di tiap pertandingan Roma dan Lazio dengan kombinasi 24 kartu merah hanya dalam kurun waktu 38 laga.

Bahkan jika ditarik mundur sejak 1994-1995 laga ini menghasilkan lebih banyak kartu merah ketimbang laga Serie A lainnya. Total 34 kartu merah keluar: 20 untuk Lazio dan 13 Roma. Sebagai tambahan sudah ada 293 kartu kuning.

3. Margin Gol Terbesar Dimiliki Roma

Derby della Capitale

Termasuk laga tidak resmi alias non-kompetitif sudah ada 190 total pertemuan Derby della Capitale dan 174 di laga resmi. Di antara laga-laga itu Roma memenangi catatan margin gol terbesar seperti saat menang 4-1 atau 5-1 plus 5-0 pada November 1933.

Sementara itu Lazio memenangi laga dengan margin besar kala menang 3-0 dan 4-1 atas Roma. Catatan ini membuat senang fans Roma, tapi tidak untuk fans Lazio.

4. Stadion bukan Hanya Stadio Olimpico

Stadio Olimpico

Selama 92 tahun terakhir kedua tim bertanding di Stadio Olimpico yang bersejarah. Stadion itu menjadi saksi mati drama yang terjadi antara Roma dan Lazio. Akan tapi tahukah Anda jika Stadio Olimpico bukan satu-satunya stadion yang digunakan pada Derby della Capitale?

Stadion lain sebelum Stadio Olimpico yang digunakan sebagai tempat bertandingnya Derby della Capitale adalah Stadio della Rondinella, Stadio Flaminio, Stadio Nazionale, dan Campo Testaccio. Semua stadion memiliki cerita termasuk Flaminio yang terbakar pada 1950-an.

5. Coppa Italia

Senad Lulic

Stadio Olimpico menjadi tuan rumah final Coppa Italia 2013 dan final semakin spesial karena mempertemukan Lazio dan AS Roma, dua klub tuan rumah stadion. Itu pertama kali terjadi dalam sejarah dan Senad Lulic jadi sosok bersejarah yang mengukirkan namanya dalam sejarah.

Legenda Lazio yang masih aktif bermain di klub sampai saat ini mencetak gol di menit 81 dan menorehkan satu-satunya gol di pertandingan tersebut. Final itu selalu ada dalam sejarah Derby della Capitale.