5 Kiper Premier League 2021-2022 Paling Impresif Sejauh Ini

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 29 Januari 2022
5 Kiper Premier League 2021-2022 Paling Impresif Sejauh Ini
Ederson Moraes (Twitter)

BolaSkor.com - Premier League 2021-2022 sudah berjalan selama 23 pekan. Dalam periode tersebut telah muncul kiper-kiper dengan penampilan impresif.

Premier League dikenal sebagai salah satu liga terbaik dunia. Tak sembarang pemain bisa berkarier di sini.

Hal tersebut juga berlaku untuk posisi kiper. Kehebatan menghalau serangan lawan tak serta merta membuat mereka mampu sukses di Premier League.

Baca Juga:

Prediksi Paruh Kedua Musim Premier League, dari Zona Degradasi hingga Empat Besar

Selangkah Lagi Christian Eriksen Kembali ke Premier League

Menilik Laga-laga Februari Liverpool dan Man City dalam Perebutan Titel Premier League

Premier League musim ini turut diwarnai kiper-kiper bernama besar. Nama-nama seperti David De Gea, Ederson, Alisson Becker, Hugo Lloris, hingga Edouard Mendy dan Kepa Arrizabalaga tak perlu lagi diragukan kualitasnya.

Namun bukan berarti kiper-kiper lain tak kalah berkualitas. Sejumlah nama yang kurang populer juga menunjukkan performa mengesankan.

BolaSkor.com telah merangkum lima kiper dengan performa paling impresif pada Premier League 2021-2022. Berikut rinciannya:

1. Ederson Moraes

Kiper milik Manchester City ini sangat layak bertengger di peringkat pertama. Performa sepanjang musim ini nyaris tanpa celah.

Ederson baru kebobolan 14 gol dari 22 laga di Premier League musim ini. Jumlah tersebut membuat Manchester City menjadi tim dengan pertahanan terbaik.

Ederson juga menjadi kiper dengan koleksi clean sheet terbanyak sejauh ini. Ia tercatat sudah 12 kali mengakhiri pertandingan tanpa kebobolan.

2. Alisson Becker

Kiper milik Liverpool ini bisa dibilang memiliki kemampuan yang lengkap. Tak hanya piawai mengawal gawang, ia juga kerap menjadi komando serangan The Reds.

Alisson sepanjang musim ini hanya absen dua kali dari 22 laga di Premier League. Ia mampu membukukan 10 clean sheet dan hanya kebobolan 17 gol.


3. David De Gea

Musim ini menjadi momentum kebangkitan seorang David De Gea. Kiper Manchester United tersebut tampak sudah kembali ke performa terbaik.

Penampilan De Gea memang menurun dalam dua musim terakhir. Hal itu membuatnya sempat digeser oleh Dean Henderson.

Namun De Gea kini kembali mengamankan status kiper nomor satu Manchester United. Ia nyaris selalu menjadi penyelamat di tengah performa inkonsisten Setan Merah.

De Gea memang sudah kebobolan 30 gol dan hanya mencatatkan 5 clean sheet dari 22 laga Premier League musim ini. Namun hal itu lebih disebabkan oleh buruknya performa bek-bek Manchester United.

De Gea bahkan kini tercatat sebagai kiper yang paling banyak melakukan penyelamatan di Premier League dengan 84 buah. Secara keseluruhan, ia telah menyelamatkan 73,4 persen tembakan yang mengarah ke gawangnya termasuk dua penalti.


4. Jose Sa

Nama kiper milik Wolverhampton Wanderers ini memang masih asing di telinga pecinta sepak bola. Namun performanya musim ini sangat menjanjikan.

Musim 2021-2022 merupakan debut Sa di Premier League. Meski begitu, kiper berusia 29 tahun itu tampak tak canggung.

Sa selalu tampil penuh dalam 21 laga yang telah dimainkan Wolverhampton. Dari jumlah tersebut, ia hanya kebobolan 16 gol dan membukukan 8 clean sheet.

Performa gemilang Sa membuat Wolverhampton menjadi tim kedua yang paling sedikit kebobolan. Hanya Manchester City yang kebobolan lebih sedikit dari mereka.


5. Robert Sanchez

Robert Sanchez menambah daftar kiper kurang populer dalam daftar ini. Namun performanya bersama Brighton & Hove Albion benar-benar menjanjikan.

Gawang Sanchez memang telah dijebol 21 kali dari 21 laga. Namun jumlah penyelamatannya telah menyentuh angka 60.

Persentase post-shot expected goals (PSxG) Sanchez selama 90 menit menyentuh angka +0,03. Itu artinya jumlah kebobolannya lebih sedikit dari yang diharapkan.

Dengan usia baru 24 tahun, Sanchez berpeluang menjadi rebutan tim-tim besar musim depan. Namun ia harus terus menjaga level permainannya di level tertinggi.

Premier League Ederson Alisson Becker David De Gea Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan