5 Pemain dengan Lawan Terberat yang Dihadapi dalam Kariernya

Arief HadiArief Hadi - Senin, 28 Februari 2022
5 Pemain dengan Lawan Terberat yang Dihadapi dalam Kariernya
Cristiano Ronaldo dan Ashley Cole (Twitter)

BolaSkor.com - Beberapa waktu lalu ada pernyataan menarik dari penyerang anyar Barcelona, Pierre-Emerick Aubameyang, mengenai lawan atau bek terberat yang pernah dihadapi dalam kariernya.

Aubameyang (32 tahun) telah berkarier di Inggris, Italia, Prancis, dan Jerman serta pernah berhadapan dengan Sergio Ramos, Philipp Lahm, Virgil van Dijk, dan Thiago Silva. Tapi bek terberat yang pernah dihadapinya bukan pemain kelas dunia.

Dia adalah bek Aston Villa asal Inggris, Tyrone Mings. "Lawan terberat yang pernah saya hadapi? Tyrone Mings," tutur mantan penyerang Arsenal kepada Mundo Deportivo.

Baca Juga:

Gerard Pique: Jati Diri Barcelona Telah Kembali

Barcelona Tidak Hanya Tentang Bermain Ofensif

7 Aksi Dunia Sepak Bola untuk Hentikan Perang Rusia Vs Ukraina

Pilihan yang menarik dan tak terduga, tetapi setiap pemain memiliki pendapatnya masing-masing dan mereka juga yang merasakan langsung lawan yang paling sulit dihadapi. Berikut lima pemain lain dengan lawan terberat yang pernah dilawannya.

1. Cristiano Ronaldo vs Ashley Cole

"Selama bertahun-tahun saya telah bertarung sengit dengan Ashley Cole, dia tak memberikan sedikit pun waktu bagi Anda bernafas," ucap Ronaldo soal eks bek kiri Arsenal dan Chelsea, Ashley Cole.

"Dia pemain yang gigih ketika ada di puncak performa, cepat, kuat dalam melakukan tekel. Anda tahu itu takkan pernah jadi laga mudah."

Tentu saja duel ketat keduanya terjadi kala Ronaldo menjalani periode pertamanya dengan Manchester United (2003-2009), kala Cole juga dalam kondisi prima. Ronaldo masih jadi penyerang sayap yang cepat dan duelnya dengan Cole sangat seru, sebab Cole juga punya kecepatan dan salah satu yang terbaik di Inggris untuk posisi bek kiri.

2. Lionel Messi vs Pablo Maffeo

Pemenang tujuh Ballon d'Or dan legenda Barcelona yang bermain di sana pada medio 2004-2021. Di antara banyaknya bek-bek kelas dunia yang pernah dihadapi La Pulga, Lionel Messi memilih satu nama menarik.

Dia adalah mantan bek Manchester City dan bukan Vincent Kompany, tetapi Pablo Maffeo yang bermain pada medio 2015-2018 dan lebih banyak dipinjamkan City ke Girona (2016 dan 2017-2018). Di Girona itu Maffeo sering berhadapan dengan Messi.

"Penjagaan satu lawan satu tak menganggu saya - Anda tahu akan selalu ada laga sulit dan aneh jika Anda selalu diikuti. Faktanya itu tak sering terjadi kepada saya. Itu tak menganggu saya, tapi aneh," tutur Messi kepada DAZN.

"Pablo Maffeo, pemain Girona (lawan tersulit dalam duel satu lawan satu). Itu intens!"

3. Yaya Toure vs Nemanja Matic

Menghentikan Yaya Toure dalam kondisi prima bukan perkara mudah. Dengan badannya yang tinggi dan besar, serta kontrol bola bagus, tidak banyak pemain yang dilakukannya. Tapi ada satu nama yang selalu menyulitkannya.

Dia adalah Nemanja Matic, gelandang Manchester United yang dahulu memperkuat Chelsea (dan Toure bermain untuk Man City).

"Nemanja Matic sangat rumit. Dia tak cepat tapi sangat kuat, cerdas. Seluruh lawan lainnya, karena saya selalu melihat mereka perlahan sebelum laga, saya tahu kelematan mereka," ucap Toure kepada The Times.

4. Thierry Henry vs Taribo West

Kala masih aktif bermain Thierry Henry salah satu striker top dunia dan unik. Dia penyerang tapi jenius dalam mendribel bola, punya visi bagus, pergerakan bagus, dan kemampuan menyelesaikan peluang.

Dalam kariernya dari medio 1994 hingga 2012 Henry pernah membela Arsenal, Barcelona, Juventus, dan New York Red Bulls, tapi siapa lawan tersulitnya?

"Lawan tersulit yang tidak langsung? Atau hanya pemain yang tak suka saya lawan? Paul Scholes. Untuk lawan tersulit yang saya hadapi langsung, saya akan mengingat masa lalu ... Taribo West," terang Henry kepada CBSS Sports Golazo.

"Karena (di Auxerre) mereka melakukan penjagaan satu lawan satu. Dia mengikutimu ke mana-mana, bahkan ke ruang ganti pemain."

Taribo West mantan bek timnas Nigeria yang pernah berkarier di Auxerre, Inter Milan, AC Milan, Derby County, dan pensiun pada 2007 dengan Paykan.

5. James Milner vs Wilfried Zaha

James Milner tipe pemain yang selalu bekerja keras, mengikuti setiap instruksi pelatih, dan berlari dalam menempel lawan dalam fase bertahan. Milner juga dapat melakukan transisi bermain ofensif.

Dalam kariernya pemain berusia 36 tahun Liverpool itu menuturkan satu nama yang paling sulit dihentikan, dia adalah winger Crystal Palace, Wilfried Zaha.

"Saya sudah dua kali dikartumerah karena dia (Zaha). Dia talenta. Sulit diprediksi," ucap Milner soal Zaha kepada Guardian pada 2019.

"Anda melihat betapa sulitnya berurusan dengannya ketika melihat dia bermain. Dan ketika Anda melawan Zaha dia penuh trik dan sangat sulit dihadapi."

Breaking News Trivia Sepak Bola Cristiano Ronaldo Lionel Messi Thierry Henry
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan