BolaSkor.com - Tak terhitung banyaknya pemain legendaris yang telah mewakili Barcelona dan Espanyol selama bertahun-tahun, dan daftar pemain yang pernah beraksi di Derbi Catalan jelas spesial.

Berikut adalah lima pemain terbaik yang pernah beraksi dalam derby ikonik tersebut:

Lionel Messi (Barcelona, 2004-2021)

Daftar pemain-pemain bintang terbaik tidak akan lengkap tanpa menyertakan seorang Lionel Messi. Pemain asal Argentina ini telah menjadi legenda mutlak sepak bola dunia sejak debutnya di Barcelona pada tahun 2004, dan selalu menyulitkan tim Espanyol selama lebih dari satu dekade dengan catatan 22 gol dalam 27 pertandingan Derbi Catalan di LaLiga melawan Los Pericos. Hanya ada lima tim lain yang nasibnya lebih menderita di tangan Messi dibandingkan Espanyol.

Raul Tamudo (Espanyol, 1997-2010)

Setelah mendedikasikan sebagian besar kariernya untuk Espanyol, Raul Tamudo menjadi sosok legenda bagi Espanyol.

Dia sukses mencetak delapan gol melawan Barcelona untuk Espanyol, tetapi ada satu gol yang spesial dibanding gol-golnya yang lain. Gol spektakuler itu terjadi pada 9 Juni 2007, ketika tendangannya di menit terakhir berhasil membawa timnya mengakhiri pertandingan dengan hasil imbang 2-2 di Camp Nou, membuat Barcelona kehilangan gelar LaLiga tahun itu.

Momen itu menjadi momen spesial bagi penggemar Espanyol, sehingga gol tersebut memiliki nama sendiri: 'Tamudazo'.

Baca Juga:

5 Hal Menarik Mengenai Diego Almeida, Bek Muda Bertalenta Milik Barcelona

Setelah Xavi dan Dani Alves, Messi dan Iniesta Bisa Comeback ke Barcelona

10 Masalah yang Harus Segera Diselesaikan Xavi di Barcelona

Ricardo Zamora (Espanyol, 1916-1919 dan 1922-1930, dan Barcelona, 1919-1922)

Zamora adalah salah satu kiper paling ikonik dalam sejarah sepak bola Spanyol, dan sebagian besar kisahnya melibatkan Derbi Catalan.

Dia merupakan salah satu pemain langka yang pernah mewakili kedua klub. Ia pernah bermain di Espanyol, sebelum pindah ke Blaugrana, dan kemudian kembali lagi ke Pericos.

Mengingat sebagian besar karirnya terjadi sebelum berdirinya LaLiga pada tahun 1929, kedua tim ini tidak terlalu sering bermain di kompetisi resmi, tetapi Zamora tetap menjadi legenda di pertandingan derbi ini.

Zamora merupakan sosok yang ikonik, sehingga namanya dijadikan sebagai nama penghargaan untuk kiper terbaik di LaLiga setiap musimnya.

Xavi Hernandez (Barcelona, 1998-2015)

Dengan 36 penampilan, mantan kapten Barcelona, Xavi, menjadi pemain yang paling sering turun dalam Derbi Catalan dibandingkan pemain lain dalam sejarah.

Xavi sukses memenangkan 25 dari 36 pertandingan, sembilan kali meraih hasil imbang, dan kalah hanya dua kali, serta mencetak enam gol melawan rival Blaugrana tersebut (5 di LaLiga). Ironisnya, RCD Espanyol menjadi tim yang gawangnya paling banyak dijebol oleh Xavi dalam karirnya.

Mauricio Pochettino (Espanyol, 1994-2001 dan 2004-2006)

Pelatih PSG saat ini, Pochettino, memainkan lebih banyak pertandingan untuk Espanyol daripada tim lain mana pun selama karirnya selama bermain di Espanyol dalam dua periode.

Dia bermain dalam 13 Derby Catalan, tetapi hanya sekali merasakan kemenangan, yaitu kemenangan 2-0 di musim LaLiga 1996/97. Meskipun begitu, kemenangan itu adalah kemenangan besar, karena tiga poin itu akhirnya membuat Barca kehilangan gelar juara tahun itu… Seperti yang akan terjadi dengan gol Tamudo satu dekade kemudian.