5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Liverpool

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 15 Maret 2022
5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Liverpool
Nicolas Anelka (Premier League)

BolaSkor.com - Arsenal akan menantang Liverpool pada pertandingan lanjutan Premier League 2021-2022, di Stadion Emirates, Kamis (17/3) dini hari WIB. Sepanjang sejarah kedua tim, beberapa pemain pernah merasakan membela panji yang sama.

Arsenal dan Liverpool mengusung misi yang berbeda. Jika Liverpool membutuhkan tiga poin untuk memangkas jarak dari Manchester City yang berada di puncak klasemen, Arsenal butuh kemenangan untuk semakin kukuh di empat besar.

Tak pelak, laga diprakirakan akan berjalan sengit. Apalagi, Arsenal sedang dalam performa terbaik setelah meraih lima kemenangan beruntun di Premier League.

Baca Juga:

Cerahnya Masa Depan Arsenal

Arsenal Sekarang Mirip Barcelona

Bruno Guimaraes Ungkap Alasan Tolak Arsenal dan Gabung Newcastle

Menariknya, di luar persaingan kedua tim di lapangan, Arsenal dan Liverpool pernah diperkuat bintang lapangan yang sama. Berikut ini adalah lima pemain yang pernah membela Arsenal dan Liverpool.

Nicolas Anelka

Nicolas Anelka merupakan pemain yang gemar gonta-ganti klub. Dari perjalanan panjangnya sebagai pesepak bola, penyerang asal Prancis itu pernah membela Liverpool dan Arsenal.

Meskipun pada awal kariernya menjadi bagian tim akademi Paris Saint-Germain, Nicolas Anelka baru dikenal banyak orang ketika membela Arsenal. Ia memperkuat The Gunners dari 1997 hingga 1999.

Anelka tampil trengginas dengan mengemas 28 gol dari 86 pertandingan. Ia juga membawa Arsenal juara Piala Liga Inggris, Piala FA, dan Premier League. Tak heran, Real Madrid bersedia mengucurkan 35 juta euro demi mendapatkan Anelka.

Kembali ke Premier League pada 2002, Anelka memilih Liverpool. Ia datang dengan status pinjaman dari PSG. Namun, perjalanannya kurang memuaskan setelah hanya mencetak lima gol.

Jermaine Pennant

Sebagian besar perjalanan Jermaine Pennant sebagai pesepak bola dihabiskan di Inggris. Ia pernah menjadi bagian Arsenal dan Liverpool sebelum gantung sepatu pada 2018.

Bakat Jermaine Pennant ditemukan oleh Arsenal. Untuk memberikan jam terbang, Pennant sempat dipinjamkan ke Watford, Leeds United, dan Birmingham.

Tak pelak, kesempatan membela tim utama Arsenal pun tak banyak. Sepanjang kariernya, pemain asal Inggris itu hanya 26 kali tampil untuk Arsenal.

Kemudian, pada musim panass 2006, Liverpool memboyong Jermaine Pennant ke Anfield. Sang pemain sayap menorehkan 81 penampilan dengan catatan tiga gol dan 18 assist. Ia juga membawa Liverpool juara Piala Liga Inggris pada 2007.

Kolo Toure

Pemain berikutnya yang ada dalam daftar ini adalah Kolo Toure. Saudara Yaya Toure itu pernah merasakan jersey Arsenal dan Liverpool.

Arsenal merupakan tim yang membawa Kolo Toure ke Eropa. Sebelumnya, Toure bermain di ASEC Mimosas di liga Pantai Gading.

Sejak saat itu, Toure mulai tak tergantikan di lini pertahanan Arsenal. Ia bermain sebanyak 327 kali untuk Arsenal. Toure merupakan bagian dari The Invincible Arsenal yang meraih titel Premier League pada 2004.

Setelah itu, Toure sempat membela Manchester City sebelum menuju Liverpool pada musim panas 2013. Kemudian, Toure angkat kaki dan mengakhiri kariernya di Celtic.

Yossi Benayoun

Yossi Benayoun merupakan satu dari sedikit pemain Israel yang meraih kesuksesan di Inggris. Sang gelandang pernah memperkuat Liverpool, Arsenal, Chelsea, hingga West Ham United.

Dari keempat klub tersebut, Benayoun paling banyak memperkuat The Reds. Ia tampil dalam 134 laga dengan capaian 29 gol dan 19 assist.

Benayoun juga pernah menuju Arsenal sebagai pemain pinjaman dari Chelsea. Tampil dalam semusim, peraih penghargaan pemain terbaik Israel 2001 itu mengemas enam gol dan tiga assist dalam 25 pertandingan.

Alex Oxlade-Chamberlain

Kali ini merupakan pesepak bola yang masih aktif bermain. Alex Oxlade-Chamberlain meninggalkan Arsenal pada 2017 untuk memperkuat Liverpool dengan mahar 38 juta euro.

Alex Oxlade-Chamberlain yang meraih tiga titel Piala FA dan tiga trofi Piala Super Inggris bersama Arsenal berharap kariernya naik kelas dengan menuju ke Liverpool. Saat itu, ia dianggap menjadi satu di antara gelandang muda paling menjanjikan di Inggris.

Rupanya, keputusan Alex Oxlade-Chamberlain terbukti tepat. Oxlade-Chamberlain meraih berbagai kesuksesan seperti gelar Liga Champions dan Premier League di bawah panji The Reds.

Arsenal Liverpool Premier League Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.564

Bagikan