BolaSkor.com - Manchester United nyaris selalu menjadi pemeran utama ketika jendela transfer dibuka. Tak jarang perjuangan Setan Merah mendapatkan pemain buruan membentuk sebuah saga atau cerita panjang dan berlarut-larut.

Hal serupa nampak akan terjadi lagi musim panas ini. Manchester United tengah berjuang untuk mendapatkan Jadon Sancho.

Kedua pihak sebenarnya sudah menjalin kesepakatan pribadi. Namun mereka belum mendapat restu dari Borussia Dortmund selaku pemilik sah Sancho.

Baca Juga:

Borussia Dortmund Jual Mahal, Manchester United Ancam Batalkan Transfer Jadon Sancho

Cerita Pengalaman Lingard Bermain Call of Duty Warzone dengan Buruan Man United, Jadon Sancho

DNA Klub Jadi Inspirasi Jersey Kandang Manchester United Musim 2020-2021

Dortmund mematok harga selangit mencapai lebih dari 100 juta poundsterling untuk Sancho. Die Borussen menganggap hal itu wajar karena sang pemain masih terikat kontrak jangka panjang.

Dortmund tentu ingin mengeruk keuntungan sebesar mungkin dari penjualan Sancho. Apalagi Manchester United diketahui berani mengeluarkan dana besar demi mendapatkan buruannya.

Masalahnya, Manchester United kesulitan memenuhi permintaan Dortmund tersebut. Pandemi virus corona membuat kekuatan finansial mereka terganggu.

Hal itu membuat transfer ini terancam menemui kegagalan. Manchester United bahkan bersiap mengalihkan bidikan ke pemain lain.

Jika benar terjadi, ini bukan kali pertama saga transfer yang melibatkan Manchester United berakhir dengan kegagalan. Mereka kerap mengalami nasib serupa dalam beberapa musim terakhir.

Berikut lima saga transfer Manchester United dan pemain bintang yang berujung kegagalan:

1. Wesley Sneijder

Nama Wesley Sneijder dan Manchester United sudah dikait-kaitkan sejak musim panas 2011. Namun hingga sang pemain gantung sepatu, transfer ini tak pernah terwujud.

Sneijder pertama kali dikaitkan dengan Manchester United usai membawa Inter Milan meraih treble winners dan Timnas Belanda menjadi finalis Piala Dunia 2010. Sir Alex Ferguson tertarik menjadikannya sebagai pengganti Paul Scholes yang pensiun usai musim 2010-2011.

Setelah Ferguson pensiun, nama Sneijder terus dikaitkan dengan Manchester United. David Moyes dan Louis Van Gaal disebut juga tertarik memboyongnya ke Old Trafford.

Masih menjadi misteri alasan Sneijder tidak jadi pindah ke Manchester United meski rumor begitu kencang berhembus. Yang jelas saga transfer ini pernah mendominasi pemberitaan di bursa transfer.


2. Toni Kroos

Nama Toni Kroos sudah dikait-kaitkan dengan Manchester United sejak musim 2013-2014 masih bergulir. Saat itu sang pemain tengah berada di tahun terakhir kontraknya bersama Bayern Munchen.

Kroos mengakui sudah sempat menjalin kesepakatan verbal dengan Manajer Manchester United, David Moyes. Ia akan merapat ke Old Trafford secara gratis usai kontraknya bersama Munchen berakhir.

Namun rencana tersebut berantakan setelah Moyes dipecat sebelum musim 2013-2014 berakhir. Louis Van Gaal yang kemudian ditunjuk menjadi manajer anyar Manchester United tidak tertarik kepada Kroos.

Akhirnya, Kroos memilih hengkang ke Real Madrid. Sebuah keputusan yang tentu tidak akan disesalinya.

Bersama Madrid, Kroos menjelma menjadi salah satu gelandang terbaik dunia dan meraih tiga trofi Liga Champions. Sementara penggemar Manchester United hanya bisa meratapi kegagalan transfer ini.


3. Sergio Ramos

Manchester United pernah nyaris mendatangkan Sergio Ramos pada musim panas 2015. Hal itu awalnya seperti hanya sekadar rumor belaka.

Namun seiring berjalannya waktu, rumor itu nampak akan menjadi kenyataan. Mandeknya perpanjangan kontrak Ramos dan Real Madrid membuat Manchester United berada di atas angin.

Ramos bahkan sempat menyatakan niatnya untuk meninggalkan Madrid. Hal ini disambut Manchester United dengan melayangkan tawaran resmi kepada Los Blancos.

Namun akhir saga transfer ini berakhir mengecewakan bagi Manchester United. Mereka gagal mendapatkan Ramos karena sang pemain memilih memperpanjang kontrak bersama Madrid dan masih bertahan hingga saat ini.

Banyak pihak menuduh Ramos memanfaatkan nama Manchester United untuk menuntut kenaikan gaji kepada Madrid. Hal ini sempat dibantah sang pemain dan mengakui sempat berpikir untuk hengkang.


4. Antoine Griezmann

Antoine Griezmann menjadi salah satu pemain yang sepertinya tidak ditakdirkan membela Manchester United. Padahal keduanya nyaris bersatu pada musim panas 2017.

Waktu itu. Manchester United memang menjadikan Griezmann sebagai salah satu target buruannya. Paul Pogba ikut serta membujuk rekan setimnya di timnas Prancis tersebut.

Griezmann juga disebut ingin hengkang dari Atletico Madrid. Bermain di Manchester United menjadi salah satu impiannya.

Namun Griezmann menguburkan niatnya setelah Atletico mendapatkan hukuman embargo transfer. Hal itu membuat Los Rojiblancos tidak bisa membeli penyerang baru andai melepasnya.

Griezmann yang berutang budi dengan Atletico akhirnya memilih bertahan. Ia kemudian memperpanjang kontrak hingga akhirnya hengkang ke Barcelona pada musim panas 2019 lalu.


5. Gareth Bale

Saga transfer Manchester United dan Gareth Bale sudah berlangsung sejak sang pemain masih membela Tottenham Hotspur. Kepindahan bintang asal Wales itu ke Real Madrid tak membuat Setan Merah melupakannya.

Beberapa kali, Manchester United coba membajak Bale dari Madrid. Apalagi setelah kariernya di Spanyol tak berjalan mulus.

Usaha memboyong Bale dari Madrid sudah dicoba sejak era David Moyes. Jose Mourinho yang menduduki kursi manajer pada 2016 hingga 2018 juga melakukan hal serupa.

Bahkan hingga saat ini, nama Bale dan Manchester United masih sering dikait-kaitkan. Namun tidak ada tanda-tanda sang pemain akan merapat ke Old Trafford dalam waktu dekat.