BolaSkor.com - Duel Liverpool kontra Manchester United dalam lanjutan Premier League 2021-2022 punya makna istimewa bagi Ralf Rangnick. Laga ini lebih dari sekedar beradu taktik dengan Jurgen Klopp baginya.

Duel dua raksasa Inggris tersebut akan digelar di Anfield, Rabu (20/4) pukul 02.00 dini hari WIB. Ini menjadi North WesT Derby jilid kedua pada musim 2021-2022.

Pada pertemuan pertama, Manchester United harus takluk dengan skor 0-5. Namun saat itu Rangnick belum duduk di kursi manajer.

Baca Juga:

Ralf Rangnick Temukan Masalah Utama Pertahanan Man United

Ralf Rangnick Tak Menyesal Tangani Manchester United

Posisi Manchester United Semakin Melorot, Rangnick Ungkap Penyebabnya

Rangnick menyambut laga ini dengan antusias. Hasil laga kontra Liverpool memang sangat menentukan peluang Manchester United finis di empat besar.

Selain itu, Rangnick juga akan bereuni dengan sejumlah nama yang sudah tidak asing lagi. Beberapa bintang Liverpool memang bakatnya ditemukan dan diasah oleh yang bersangkutan.

Setidaknya ada enam bintang Liverpool yang memiliki hubungan langsung dengan Rangnick di masa lalu. Berikut rinciannya:

1. Roberto Firmino

Firmino mengawali kariernya di Eropa dengan memperkuat Hoffenheim. Ia menandatangani kontrak pada Desember 2010, tetapi baru resmi pindah satu tahun berselang atau Januari 2011.

Saat Firmino menandatangani kontrak, Rangnick menjabat sebagai pelatih Hoffenheim. Ia tentu sudah mencium bakat sang pemain yang ketika itu memperkuat Figueirense.

Sayang Rangnick tak sempat melatih Firmino. Ia mengundurkan diri dari jabatannya pada 2 Januari 2011 yang bertepatan dengan waktu kedatangan penyerang berkebangsaan Brasil tersebut.


2. Joel Matip

Joel Matip menjadi bintang Liverpool pertama yang bakatnya pernah diasah langsung oleh Rangnick. Momen itu terjadi saat keduanya bahu-membahu membela panji Schalke 04 pada paruh musim 2010-2011.

Pada Maret 2011, Rangnick ditunjuk sebagai pelatih Schalke menggantikan Felix Magath. Pada saat yang bersamaan, Matip merupakan salah satu produk akademi Schalke yang promosi ke tim utama.

Rangnick kerap memainkan Matip sebagai gelandang dan bek tengah. Kombinasi keduanya sukses mengantar Schalke ke semifinal Liga Champions sebelum ditaklukkan Manchester United.


3. Sadio Mane

Titik balik dalam karier Mane juga terjadi saat bakatnya terpantau Rangnick. Momen itu terjadi pada musim panas 2012 saat winger berkebangsaan Senegal itu diboyong RB Salzburg dari Metz.

Ketika hal itu terjadi, Rangnick baru dua bulan menjabat sebagai direktur olahraga RB Salzburg. Perekrutan Mane tentu tak lepas dari keputusannya.


4. Naby Keita

Rangnick menemukan bakat Naby Keita pada tahun 2014. Gelandang bertenaga kuda itu diboyong RB Salzburg dari klub antah-berantah, FC Istres.

Keita dengan cepat menjadi andalan Salzburg. Pada musim panas 2016, ia bahkan naik level ke RB Leipzig yang akan melakoni debut di Bundesliga.

Sayang Keita tak sempat merasakan sentuhan langsung tangan dingin Rangnick. Saat sang juru taktik turun gunung menangani RB Leipzig pada musim 2018-2019, Keita sudah dibajak Liverpool.


5. Takumi Minamino

Rangnick kembali membuat gebrakan saat mendatangkan Takumi Minamino ke RB Salzburg pada Januari 2015. Pemain berkebangsaan Jerman itu diboyong dari Cerezo Osaka.

Hal ini menjadi bukti kalau pengamatan Rangnick terhadap bakat pemain sangat luas. Minamino yang berkarier di Asia tak luput dari pantauannya.

Perjudian Rangnick terbukti tepat. Minamino berkembang dengan pesat hingga mencuri perhatian Liverpool yang memboyongnya pada awal tahun 2020.


6. Ibrahima Konate

Ibrahima Konate menjadi bintang Liverpool kedua yang pernah merasakan sentuhan langsung tangan dingin Rangnick. Hal itu terjadi saat memperkuat RB Leipzig pada periode 2017 hingga 2019.

Konate diboyong Rangnick dari Sochaux pada musim panas 2017. Ketika itu RB Leipzig memboyongnya dengan status bebas transfer.