BolaSkor.com - Liverpool 'colong' start menjelang bursa transfer musim dingin yang dibuka pada Januari 2020. Tak ingin kalah cepat dengan tim lainnya, juara bertahan Liga Champions merekrut bintang timnas Jepang, Takumi Minamino.

Liverpool merekrutnya dari RB Salzburg dengan klausul pembelian yang sangat murah, 7,25 juta poundsterling. Keberadaan pemain berusia 24 tahun akan menambah kedalaman skuat Liverpool yang masih bersaing di Premier League, Piala FA, dan Liga Champions.

Minamino jadi pemain Jepang pertama yang memperkuat Liverpool. Di Liverpool pertama, namun tidak di Premier League atau di Eropa. Tentu saja, kehadirannya di Liverpool bisa mendongkrak penjualan merchandise dan jersey di Negeri Sakura.

Baca Juga:

Resmi Gabung Liverpool, Takumi Minamino Targetkan Gelar Premier League dan Liga Champions

Kisah di Balik Perburuan Takumi Minamino, Manchester United Tidak Tahu Adanya Klausul Pelepasan Murah

3 Alasan Takumi Minamino Pilihan yang Klop untuk Jurgen Klopp

Bagi fans Liverpool yang belum banyak mengetahui informasi soal Takumi Minamino tidak perlu khawatir. BolaSkor.com coba memberikan lima hal menarik mengenai pemain kelahiran Izumisano, Jepang, 16 Januari 1995 tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut hal-hal menarik soal Takumi Minamino:

1. Produk Akademi Cerezo Osaka

Klub top Jepang yang berada di Osaka ini merupakan penghasil produk-produk top lokal seperti Hiroshi Kiyotake dan Shinji Kagawa. Nama yang disebut terakhir, meski tidak berasal dari akademi Cerezo, memulai awal kariernya di sana.

Minamino pun demikian. Dia menimba ilmu di akademi pada medio 2007-2012 dan kemudian dua tahun bermain di tim utama (2012-2014) sebelum merantau ke Eropa pada 2015. Pilihannya ke RB Salzburg tidak salah. Di sana, Minamino berkembang pesat dan Salzburg memang terkenal sebagai tempat yang bagus untuk membina pemain muda.

2. Pengalaman Internasional

Takumi Minamino

Minamino memulai debut di tim senior Jepang pada usia 20 tahun pada 2015. Akan tapi, butuh waktu tiga tahun baginya untuk menjadi pemain reguler dalam tim berjuluk The Blue Samurai.

Tahun ini, Minamino membawa Jepang ke final Piala Asia 2019 sebelum kalah oleh Qatar. Minamino, yang telah memiliki 22 caps dan 11 gol itu, juga telah mencetak enam gol dari lima laga terakhir dengan Jepang - empat di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pengalaman itu akan membantunya beradaptasi di Liverpool.

3. Jurgen Klopp dan Shinji Kagawa

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, punya pengalaman melatih pemain asal Jepang kala ia membesut Borussia Dortmund: Shinji Kagawa. Pengatur serangan berusia 30 tahun bersinar di bawah arahannya.

Hal serupa bisa terjadi kepada Minamino di Liverpool. Dua pertemuan Liverpool kontra Salzburg di Liga Champions musim ini sudah cukup bagi Klopp untuk memboyongnya ke Anfield. Klopp pun girang klub sukses merampungkan transfernya.

"Takumi Minamino adalah pemain yang cerdas dan dapat berlari dengan sangat cepat serta mampu mencari ruang di jantung pertahanan lawan. Dia mampu mengancam lawan ketika sedang menguasai ataupun tidak menguasai bola," ucap Klopp di situs resmi Liverpool.

"Pengalamannya bermain di Liga Champions merupakan sebuah bonus yang sangat berharga. Selain itu, Minamino juga merupakan pemain yang dilatih dengan baik dan memiliki modal untuk meraih kesukesan di sini."

4. Relasi dengan Naby Keita

Gelandang Liverpool, Naby Keita, pernah memperkuat Salzburg pada medio 2014-2016 sebelum pergi ke RB Leipzig dan gabung Liverpool pada 2018. Keita bisa membantu proses adaptasi Minamino di Liverpool bersama dengan mantan pemain Salzburg lainnya, Sadio Mane.

Minamino pernah menghabiskan 18 bulan bermain sebagai rekan setim Keita di Salzburg sebelum ia ke Leipzig. Selama bermain bersama itu, Minamino dan Keita total menyumbangkan 27 gol dan 13 assists.

5. Nomor 18

Nomor 18 Takumi Minamino

Nomor punggung 18 kembali bertuan setelah sebelumnya dikenakan Alberto Moreno. Minamino akan mengenakan nomor punggung yang dikenakannya di Salzburg dan juga timnas Jepang di masa lalu.

Nomor punggung 18 bukan sekedar nomor biasa di Liverpool karena pernah dikenakan oleh Dirk Kuyt, John Arne Riise, dan Michael Owen ketika dia masih muda dulu.

6. Pemain Serba Bisa

Klopp mencari pemain yang dapat melakukan pressing kala lawan menguasai bola, coba merebutnya dan melancarkan serangan balik. Minamino sesuai dengan kriteria itu. Saat menyerang juga permainannya lebih fleksibel.

Minamino dapat memulai serangan dari sisi sayap, sebagai gelandang serang, atau penyerang bayangan dengan pergerakannya dari sayap menuju tengah permainan. Kemampuan itu akan sangat dibutuhkan Klopp di Liverpool.