BolaSkor.com - Piala Afrika 2021 akan dimulai pada 9 Januari 2021. Tuan rumah, Kamerun akan menjamu Burkina Faso di Stade Omnisport Paul Biya, Olembe, pukul 23.00 malam WIB. Piala Afrika kali ini diikuti 24 tim, bukan lagi 16 tim demi harapan meningkatkan pendapatan tim-tim yang berpatisipasi.

Timnas Aljazair merupakan juara bertahan Piala Afrika 2019. Kala itu di Cairo International Stadium, Cairo, Aljazair mengalahkan Senegal dengan skor 1-0 melalui gol tunggal Baghdad Bounedjah di menit dua. Aljazair masih tim favorit karena skuad mereka tak banyak berubah.

Pada perhelatan Piala Afrika 2021 ini juga ada sederet bintang yang bermain di klub-klub top Eropa turut meramaikannya, baik itu pemain muda berbakat atau pemain matang pengalaman.

Baca Juga:

5 Calon Bintang yang Ramaikan Piala Afrika 2021

Tim-tim Favorit dan Kuda Hitam Piala Afrika 2021

Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Piala Afrika 2021

BolaSkor telah merangkum sejumlah nama pemain-pemain bintang yang dapat bersinar di Piala Afrika 2021. Siapa saja?

1. Mohamed Salah

Mesir tergabung di grup D bersama Nigeria, Sudan, dan Guinea-Bisau. Mesir bukan tim favorit juara, tapi bisa menjadi kuda hitam karena memiliki bintang Liverpool Mohamed Salah.

Pemain berusia 29 tahun kapten Mesir dengan 45 gol dari 74 caps. Juara Liga Champions dan Premier League dengan Liverpool itu punya naluri mencetak gol tinggi dan akselerasi di sisi kanan permainan. Jika Mo Salah tampil on fire dan tim mendukungnya dengan baik, bukan tak mungkin Salah dapat bersinar.

2. Sadio Mane

Berbeda dari Mo Salah di Mesir, Sadio Mane punya tim yang lebih merata di tiap lini bersama Senegal. Itu terbukti dengan keberhasilan Senegal menebus fase final Piala AFF 2019.

Apabila Senegal dapat memberikan suplai bola kepada Mane, membuatnya tak berjuang sendirian, winger Liverpool juga dapat bersinar di Piala Afrika 2021 dengan kengototannya bermain, kemampuan mencetak gol, dan kelincahan bergerak.

3. Pierre-Emerick Aubameyang

Masalah indisipliner yang dialaminya di Arsenal bisa jadi motivasinya untuk bersinar di Piala Afrika 2021. Pierre-Emerick Aubameyang (32 tahun) tumpuan di lini depan timnas Gabon dengan 29 gol dari 71 caps. Skuad relatif bergantung padanya dan Aubameyang sudah siap secara mental melakukannya.

4. Riyad Mahrez

Riyad Mahrez adalah bintang kala Aljazair juara Piala Afrika 2019. Permainannya semakin matang pada usia 30 tahun, apalagi ia belajar dari Pep Guardiola di Manchester City.

Pengemas 70 caps dan 26 gol berposisi sebagai penyerang sayap berkaki kidal yang kerap melakukan penetrasi di sisi sayap kiri pertahanan lawan. Pergerakannya dapat jadi momok bagi lawan.

5. Sebastien Haller

Sedang dalam performa terbaiknya bersama Ajax Amsterdam dan jadi top skorer di Liga Champions. Sebastien Haller (27 tahun) performanya sedang bagus usai meninggalkan West Ham United dan ia bisa jadi ujung tombak andalan Pantai Gading di turnamen.

6. Youssef En-Nesyri

Maroko tak membawa Hakim Ziyech karena masalah indisipliner, tapi skuad mereka tetap memadai dan punya keseimbangan bagus di tiap lininya seperti adanya Achraf Hakimi, Sofyan Amrabat, Sofiane Boufal, dan Youssef En-Nesyri.

Nama yang disebut menarik cukup menarik perhatian. En-Nesyri (24 tahun) musim lalu memukau dengan Sevilla karena gol-golnya. Talentanya ada pada insting mencetak gol dan kecepatan bergerak. Dia bisa kembali mencuri perhatian di Piala Afrika 2021.

7. Ahmed Musa

Usianya mendekati 30 tahun dan kini berusia 29 tahun, tapi Ahmed Musa adalah pemimpin lini depan Nigeria dengan torehan 16 gol dari 103 caps. Pemain yang kini membela Fatih Karagumruk bertipe penyerang sayap dengan akselerasi untuk melakukan penetrasi ke kotak penalti.